Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat: Wajah Bersih, dan Mulus

.
kementriankesehatan.com - Cuka apel memiliki manfaat untuk jerawat, sebab dapat membunuh bakteri dan virus penyebab jerawat,meregenerasi kulit, dan menyamarkan luka. Cuka apel adalah fermentasi buah yang paling terkenal di dunia kesehatan sebab telah digunakan ribuan tahun, dipercaya, dan terbukti mengurangi kadar gula darah, penurunan berat badan, kolesterol hingga kanker. Beberapa orang yang sebelumnya telah menggunakannya untuk kesehatan, mulai bereksperimen untuk wajah. Tapi benarkan cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, agar muka menjadi bersih dan mulus? Berikut penjelasan menurut para peneliti.
"manfaat cuka apel untuk jerawat"
source: pixabay
  • Membunuh bakteri dan virus
Cuka merupakan bahan yang ampuh membunuh bakteri dan virus, serta terbukti mengurangi beberapa jenis bakteri hingga 90%. Proppionibacterium acnes merupakan salah satu penyebab jerawat tumbuh. Asam asetat, laktat, suksinat terbukti mampu membunuh bakteri jeni P. Acnes tersebut.
Penelitian:
- Manusia : Sebuah studi yang diikuti oleh 22 orang yang mengoleskan lotion asam laktat pada wajah 2 hari sekali selama 1 tahun, mendapatkan hasil yang signifikan terhadap pengurangan jerawat. Hanya 2 orang saja yang mengalami peningkatkan pengurangan jerawat dibawah 50%.
  •  Meregenerasi sel kulit
Proses penggunaan asam organik ke kulit disebut chemical peeling. Asam yang terdapat dalam cuka apel mampu menghilangkan lapisan kulit luar yang rusak, kering, mengelupas, dan mendorong regenarasi kulit baru yang halus. Sehingga apabila jerawat pecah, dan menimbulkan lubang, maka bisa kembali mulus dengan cuka apel.
  • Menyamarkan bekas luka akibat jerawat
Asam suksinat yang terdapat dalam cuka apel mampu mengurangi peradangan, bercak merah akibat bakteri P. Acnes yang menyebabkan jerawat bisa diminimalisir. Sedangkan bagi yang pernah mengalami jerawat pecah, biasnaya kan meninggalkan bekas di wajah, kehitaman, atau kemerahan? Nah di dalam cuka apel terkandung, asam laktat yang terbukti meningkatkan tekstur, pigmentasi, dan penamipilan kulit.
Cara penggunaan
Karena tingkat kesaaman yang tinggi, cuka harus dicampur dengan ari untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan.
  • Campurkan cuka apel dengan air, kira-kira hingga cukup encer, apabila anda memiliki kulit yang sensitif gunakan lebih banyak air. 
  • Bersihkan wajah anda dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk/kain bersih.
  • Siapkan kapas, dan celupkan ke dalam larutan tadi pada bagian wajah yang luka, atau berjerawat.
  • Diamkan selama 5-20 detik. Jangan terlalu lama.
  • Bilas dengan air dingin, dan keringkan.
  • Ulangi tahap di atas sehari 1-2 kali
Bahaya
Cuka apel alami sangat asam, sehingga bisa menyebabkan luka bakar ketika dioleskan langsung pada wajah. Kebanyakan kasus yang terjadi iritasi atau luka bakar, biasanya karena penggunaan yang terlalu lama/jangka panjang, atau yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu untuk mencegah kerusakan kulit tersebut sebaiknya gunakan sedikit saja, dan dicampur dengan air.
Semoga bermanfaat, sehat selalu, dan wajah anda jadi bersih, dan mulus.
referensi: Healthline. Can You Cure Your Acne With Apple Cider Vinegar? 26-01-2019 04:08 W.I.B.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu