Manfaat Cuka Apel Untuk Diet, Berdasarkan Penelitian

.
kementriankesehatan.com - Cuka apel di-manfaat-kan sebagaian orang untuk diet, cuka yang dibuat dengan dengan cara buah apel dihancurkan lalu ditambah dengan ragi untuk mengubah kadar gula menjadi alkohol. Kemudian dimasukan bakteri untuk mengubah alkohol menjadi asam asetat, semacam senyawa organik ini memiliki rasa kecut, dan bau tajam. Nah asam inilah yang memliki banyak sekali khasiat bagi tubuh. Berikut manfaat cuka apel untuk diet, berdasarkan penelitian.
    "manfaat cuka apel untuk diet
    source: pixabay
  • Meningkatkan pembakaran
Asam asetat yang terdapat dalam cuka apel membantu mengurangi produksi insulin terhadap glukagon, dan menyebabkan peningkatan pembakaran lemak.
Penelitian :
- Tikus: Sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang melakukan diet tinggi lemak, menunjukan hasil yang signifikan terhadap gen yang berperan dalam pembakaran lemak.
  • Menurunkan produksi lemak
Dalam cuka apel terkandung asam astetat yang terbukti mampu menurunkan produksi lemak.
Penelitian :
-Tikus : Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan memberikan cuka ape, terjadi peningkatan enzim AMPK, yang selain berperan meningkatkan pembakaran, juga mengurangi produksi lemak dan gula di hari.
  • Mengurangi penyimpanan lemak
Asam asetat juga mapu mengobati obesitas, dan mengurangi penyimpanan lemak perut
Penelitian :
-Tikus: Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, dengan memberi asam asetat, ternayat dapat melindungi dari penambahan berat badan, dan mengurangi penyimpanan lemak pada perut dan hati. 
  • Kenyang lebih lama
Cuka apel terbukti mampu memperlambat laju makanan meninggalkan lambung.
Penelitian:
-Manusia : Dalam sebuah penelitian kecil, menngkonsumis cuka apel dan makanan bertepung dapat memperlambat pengosongan perut. Hal ini menyebabkan meningkatnya rasa kenyang.
  • Mengurangi nafsun makan
Asam asetat dapat menekan pusat otak untuk mengendalikan nafsu makan. Jadi sangat cocok bagi yang sedang diet, namun dahulunya suka ngemil.
  • Mengurangi asupan kalori
Karena berkurangannya nafsu makan, dan rasa kenyang lebih lama, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori tubuh.
Penelitian yang lebih serius lagi dilakukan pada manusia, dan mendapatkan hasil yang menggembirakan terhadap berat badan, dan lemak tubuh.
Penelitian :
-Manusia: Dalam sebuah studi yang berlangsung lema 12 minggu/tiga bulan, 144 orang Jepang dengan obesitas. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok; mengkonsumsi 1 sendok cuka apelm dan 2 sendok cuka apel.
Hasil yang diperoleh oleh mereka yang mengkonsumsi 1 sendok cuka apel adalah
-Penurunan berat badan: 1,2 KG
-Penurunan presentase lemak tubuh : 0,7%
-Penurunan lingkar pinggang : 1,4 cm.
-Penurunan trigliserida : 26%
Sedangkan bagi yang mengkonsumsi 2 sendok makan cuka apel memperoleh manfaat:
-Penurunan berat badan :1,7 KG
-Penurunan presentase lemak tubuh : 0,9%
-Penurunan lingkar pinggang : 1,9 cm
-Penurunan trigliserida : 26%
Dari manfaat cuka apel untuk diet di atas, adapula bahaya yang bisa dtimbulan yaitu gastroparesis, pengosongan lambung yang tertunda. Suatu komplikasi penderita diabetes tipe 1. Untuk itu konsumsilah sewajarnya, sebab sebuah penelitian menunjukan mengkonsumsi 1-2 sendok makan asam cuka dapat mengurangi berat badan, presnetase lemak tubuh, penurunan lingkar pinggang, dan trigliserida.
Cara mengkonsumsinya bisa dicampur dengan air sebab bila secara langsung sebab cuka apel yang tidak murni dapat membakar bagian dalam mulut, dan kerongkongan. Dan ingat jangan konsumsi berlebihan, selain dapat menyebabkan gastriparesis, juga dapat mengakibatkan rasa mual, dan minumlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sekian semoga bermanfaaat, sehat selalu, dan dietnya sukses.
Baca ya:)
referensi: Healthline. Can Apple Cider Vinegar Help You Lose Weight? 25 Januari 03:26 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli