Sebelum Menyesal, Ketahui Fakta Manfaat Cuka Apel Untuk Batu Empedu

.
Pertanyaan
kementriankesehatan.com - Bisakah cuka apel digunakan untuk mengobati batu empedu?
Latar belakang
Beberapa orang mengatakan bahwa cuka apel memiliki banyak sekali manfaat seperti menurunkan tekan darah, hingga melarutkan batu empedu. Faktanya, fermentasi dari apel ini memang kaya akan nutrisi dan asam asetat, namun tidak terlalu kuat untuk melarutkan batu di kandung empedu.
"Manfaat Cuka Apel Untuk Batu Empedu"
source: commons.wikimedia.org
Batu Empedu
Batu empedu memiliki kemiripan dengan batu ginjal, bedanya hanya tempatnya yang berada di kantong empedu dengan besar kira-kira sebutir pasir, hingga seukuran bola golf. Disebabkan karena empedu, atau kolesterol. Kehadirannya bisa menghambat sistem penceranan karena menghalangi, dan akibatnya terjadi penumpukan di empedu. Dampaknya berupa rasa sakit, hingga menjadi penyakit kuning.
Cuka Apel
Sebenarnya tidak semua cuka apel yang diproduksi itu murni, sebagian telah dicampur dengan bahan lain dan beberapa karena proses prdoduksi yang kurang baik, menyebabkan nutrisi penting di dalamnya seperti kalsium, kalium, asam malat, dan asam asetat. Nah kandungan asam malat inilah yang memiliki banyak sekali khasiat, namun apabila dikonsusmsi secara murni akan menyebabkan tenggorokan terbakar bila diminu, hingga kulit terbakar bila dioleskan. Walaupun keras, hal itu tidak mampu melarutkan batu empedu.
Hubungan Cuka Apel dan Empedu
Cuka apel berperan mengatur kadar respon insulin terhadap makanan tinggi pati, ketika anda makan, maka tubuh akan memecahkan gula untuk dijadikan sumber energi. Lalu pankreas akan merespon dengan melepaskan insulin untuk membersihkan gula ekstra dari aliran darah. Cuka sari apel mampu meperlambat respon insulin sehingga menyebabkan anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu saja akan mengurangi kalori yang dimakan, terutama bagi yang suka makan tinggi kolesterol. Nah kolesterol inilah yang bisa menyebabkan batu empedu.
Kesimpulannya
Cuka apel tidak dapat melarutkan/menghancurkan/menghilangan batu empedu, namun karena kandungan asam asetat, bisa membantu program diet, yang berkaitan dengan pengurangan kolesterol, yang menjadi penyebab batu empedu.
Sekian, semoga bermanfaat, jangan mencoba sesuatu bahan sebagai obat yang tidak jelas buktinya menurut medis/penelitian. Semoga panjang umur.
referensi: livestrong. Does Apple Cider vinegar Soften Gallbladder Stones. 29-01-2019 04:25 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli