Cek Kebenarannya! Bisakah Cuka Apel Mengobati Asam Urat

.
kementriankesehatan.com - Beberapa orang menggunakan cuka apel karena percaya manfaatnya yang bisa mengobati asam urat. Benarkah demikian, kandungan apa yang bisa menyebabkan orang tersebut sembuh akan penyakit yang berkaitan dengan nyeri sendi tersebut, dan adakah penelitian yang membuktikannya. Berikut penjelasannya:
"manfaat cuka apel untuk asam urat"
source: pixabay
Latar belakang masalah
Cuka apel telah digunakan selama ribuan tahun untuk membumbui dan mengawetkan makanan, menyembuhkan luka, mencegah terjadinya infeksi, membersihkan kulit, hingga mengobati diabetes. Beberapa mengklaim entah di internet, buku, atau orang mengatakan bahwa sari fermentasi apel ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, obesitas, sakit kepala, disfungsi ereksi, hingga asam urat.
Bisakah cuka apel mengobati asam urat?
Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tua ataupun muda, lelaki ataupun wanita. Hal ini disebabkan karena kadar asam urat menumpuk, dan mengkristal di persendian. Akibatnya seseorang bisa merasakan rasa sakit luar biasa yang mendadak, nyeri, terbakar, hingga bengkak pada bagian sendi, biasanya tangan dan kaki. Banyak obat-obatan yang digunakan untuk menyebmbuhkan penyakit ini, sayangnya kebanyakan memiliki efek samping yang serius, atau berefek pada penyakit lain.
Salah satu obat herbal asam urat adalah cuka apel karena memiliki manfaat yang dapat mencegah serangan penyakit nyeri sendi secara mendadak, juga tidak ada efek samping yang berbahaya seperti kebanyakan obat kimia.
Penelitian:
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa keasaaman pada urin mencegah tubuh mengeluarkan asam urat. Urin yang kurang asam membawa lebih banyak asam urat ke dalam tubuh. Artinya dalam kondisi kekurangan asam, kemungkinan kecil terjadi pengkristalan sendi lebih kecil. Dan cuka apel merupakan bahan yang tinggi asam, uniknya ketika masuk dalam tubuh, dan dimetabolisme menjadi basa. Artinya  cuka apel dapat membantu meneyimbangkan kadar asam dalam tubuh yang menyebabkan asam urat. Meskipun kedua penyataan tersebut saling berkaitan namun tidak ada penelitian lebih lanjut secara khusus mengenai hubungan asam urat dan cuka apel.
Namun yang jelas cuka apel bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan yang secara otomatis juga mengurangi kadar asam urat dalam darah, mengurangi peradangan entah itu akibat nyeri sendi atau lainnya.
Sebuah penelitian juga dilakukan terhadap orang yang melakukan diet protein dan buah-buahan, dan membenarkan pernyataan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan tinggi protein lebih besar kemungkinan terkena asam urat dibandingkan mereka yang mengkonsumis buah-buahan dans sayuran.
Cara penggunaan :
Karena cuka apel sangat asam, maka bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, terbakar pada kerongkongan, untuk itu harus dicampur dengan air, dengan meminumnya.
Takarannya: 1 sendok cuka apel dan segelas air. Apabila tidak suka dan terasa pahit sebaiknya tambahkan 1 sendok madu murni.
Kesimpulan
Cuka apel tidak secara langsung mengobati asam urat. Namun hanya membantu mengobati, karena membantu mengurangi berat badan yang berkaitan dengan pengurangan asam urat, mengurangi peradangan/nyeri bila kambuh karena sifat antiinflamasi.
Demikian, semoga bermanfaat, sehat selalu, dan panjang umur.
Baca ya:
referensi: Healthline. Apple Cider Vinegar for Gout: Dous It Work? 28-01-2019 03:04 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli