Manfaat Cuka Apel Buat Ibu Menyusui, Hamil dan Efek Sampingnya

.
Latar belakang
kementriankesehatan.com - Kehamilan bisa menyebabkan seorang ibu menginginkan makanan tertentu (ngidam) yang belum tentu bergizi untuk perkembangan buah hati. Dokter dan ahli gizi berpendapat bawah cuka apel diakui aman untuk ibu hamil dan menyusui.
"Manfaat Cuka Apel Buat Ibu Hamil"
source: maxpixel
Pengertian
Cuka apel merupakan hasil dari fermentasi apel, dan beberapa digunakan untuk campuran masakan China, dan Asia. Salah satu khasiatnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh, dan rupanya aman bagi ibu hamil dan menyusui selama dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun perlu diperhatikan, pastikan cuka apel tersebut adalah yang telah dipasteurisasi, steril. Karena bila tidak, justru bakteri yang terkandung akibat proses fermentasi tersebut bisa menyebabkan penyakit usus yang membahayakan sang ibu dan janin.
Manfaat
Lalu apasih manfaat ibu menyusui bila meminum cuka apel
  • Mencegah diabetes
Cuka apel mampu menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2 karena kandungan asam asetat yang dapat mencegah pencernaan karbihdrat kompleks pada tubuh, yang berakibat pada menurunnya glikemik dalam darah. Perlu diwasapadai beberapa orang menderita diabetes saat mengandung, yang biasa disebut diabetes kehamilan. Walaupun hal ini biasanya akan sembuh pada saat trisemester 3, atau melahirkan. Kemungkinan resiko diabetes dikemudian hari cukup tinggi.
  • Meningkatkan pencernaan
Cuka apel dikenal mengobati masalh pencernaan anatara lain: kembung, sembelit, mual, dan lainnya. Yang berkaitan dengan gejala morning sicknes pada ibu hamil.
  • Meningkatkan kesehatan kardiosvaskular
Cuka apel merupakan sari buah yang ampuh mampu mengatur kadar LDL atau kolesterol jahat, sehingga menecegah penyakit kolesterol dan jantung.
  • Membantu menurunkan berat badan
Sebuah penelitian menunjukan bahwa cuka apel membantu menurunkan berat badan karena meningkatnya pembakaran lemak, rasa kenyang lebih lama.
  • Mengobati ketidaknyamanan perut/mual
Apabila perut terasa tidak nyaman atau mual entah karena bakteri atau lainnya, cobalah menggunakan cuka apel, sebab kandungan pektin mampu mengatasi kejang pada usus, serta bersifat antibakteri, dan mencegah infeksi saluran kemih.
  • Mengencangkan dan mengatasi masalah kulit
Cuka apel juga dikenal sebagai toner perawatan wajah dan kulit yang terkenal dan alami. Ruam bintik-bintik, atau luka pada kulit bila dioleskan secara benar dan teratur maka bisa kembali bersih, teraang, dan halus karena mantel asamnya yang mampu menjaga keseimbangan pH kulit, yang berkaitan dengan kesehatan kulit.
Efek samping
Meski begitu ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan yang berlebihan, produk yang tidak sehat atau ketidakcocokan.
  • Penyakit pencernaan
Cuka apel yang tidak disteril dapat mengandung bakteri yang dapat bercampur pada ASI, sehingga membahayakan pada bayi, karena menyebabkan berbagai penyakit pencernaan.
  • Rendah mineral
Terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel bisa menyebabkan kadar mineral dan potasium rendah, yang tentu berdampak pada kesehatan bayi.
  • Merusak jaringan mulut
Cuka apel terkenal karena tinggi asam yang dapat menyebabkan mulut anda, tenggorokan terbakar. Sehingga harus dipastikan bahwa cuka yang diminum telah dicampur minimal dengan segelas air minum.
Tips
1. Pastikan cuka apel tersebut telah diparteurisasi, atau steril terhadap bakteri.
2. Khusu ibu hamil dan menyusui sebaiknya gunakan maksimal 1 sendok makan cuka apel dalam satu hari.
3. Pastikan juga bahwa telah dicampur minimal 1 gelas air minum agar menghindari dari rasa sakit perut dan masalah pencernaan.
4. Bagi bayi, cobalah perhatikan reaksinya saat anda meminum cuka apel, atau menyusui buah hati anda. Apakah ia menangis, perut Anda terasa mual, dan sebagainya.
Sekian, semoga bermanfaat, dan anak anda selalu sehat, dan kelak jadi anak yang berbakti pada orangtua. Terimakasih :)
baca ya:
referensi: parenting.firstcry. Is It Safe to Drink Apple Cider Vinegar during Breastfeeding. 29-01-2019 10-57 W.I.B

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli