Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil yang Bisa Mengatasi Mual

.
Latar belakang:
kementriankesehtaan.com - Buah pisang memiliki manfaat untuk ibu hamil seperti mengatasi mual, meningkatkan gizi ASI, dan sebagainya. Kehamilan memang mengaharuskan seorang ibu mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi demi kesehatan calon buah hati, bahkan dianjurkan makan buah dan sayur karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang bagus untuk pertumbuhan janin. Salah satunya, pisang.
"manfaat buah pisang untuk ibu hamil"
source: pxhere
Tentang:
Pisang memiliki karbohdirat yang tinggi, serat, asam lemak omega 3 dan 6, vitamin B, C kompleks, dan mineral. Semua nutrisi itu membantu perkembangan bayi dalam kandungan.
Manfaat:
Ternyata pisang memiliki manfaat kesehatan bagi ibu hamil, dan bayinya, antara lain:
  • Meredakan mual dan muntah
Kandungan vitamin B yang tinggi dalam pisang mampu mengendalikan rasa mual dan muntah di pagi hari, atau gejala morning sickness yang biasanya dialami oleh kebanyakan ibu hamil pada trisemseter pertama.
  • Mengurangi edema
Beberapa ibu hamil mengalami edema, atau retensi air dalam tubuh pada trisemester 2 dan kehamilan karena hormon progesteron, akibatnya terjadi pembengkakan pada sendi seperti pergelangan kaki. Nah pisang merupakan buah yang mampu mengurangi pembengkakan.
  • Memberikan asukan energi
Pisang tinggi akan karbohidrat yang merupakan gula: glukosa, fruktosa, suklosa yang dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh sehingga mampu memberikan asupan nergi dengan segera. Pada trisemester akhir kehamilan, ibu hamil biasanya mudah lelah, karena penurunan enegeri yang cepat dalam tubuh. Pisang merupakan buah yang tepat untuk mengisi kembali energi dan mencegah kelelahan.
  • Sumber float yang baik
Kandugan float dalam pisang, membantu dalam perkemabangan otak, dan sumsum tulang belakang bayi. Apabila kekurangan float maka bayi akan lahir cacat. Itulah kenapa pisang sangat bagus untuk kesehatan bayi.
  • Mencegah anemia
Anemia adalah kekurangan hemoglobin, atau sel darah merah, akibatnya ibu hamil menjadi pucat, dan kelelahan yang membahayan bagi bayi. Zat besi dalam pisang dapat mencegah terjadinya anemia saat kehamilan.
  • Memabantu perkembangan saraf bayi
Dalam pisang terdapat vitamin B6 yang dapat larut dalam air, dan berguna untuk perkembangan sistem saraf pusat bayi. Sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak buah hati.
  • Meredakan sembelit 
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam pisang memabantu mengatasi susah buah air besar, dan mencegah kembung. Faktanya, saat kehamilan hormon progesteron meningkat, seingga menyebabkan relaksasi otot dalam usus, akibatnya terjadi sembelit. Untuk itu, pisang sangat baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.
  • Menjaga tekanan darah
Kandungan potasium yang tinggi dalam pisang, bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dalm tubuh. Sebab biasanya saat kehamilan terjadi kenaikan tekanan darah secara drastir. Konsumsi pisang saat kehamilan dapat menjaga tekanan darah.
  • Mencegah keasaman dan mulas
Keasaman dan rasa mulas merupakan efek samping yang biasanya dialami pada ibu hamil, namun apabila mengkonsumsi pisang secara rutin, hal itu bisa diminimalisir, sebab pisang mengandung lendir yang melindungi perut dan dinding esofargus terhadap asam lambung.
  • Membantu perkembangan tulang
Kandungan kalisum dalam pisang bermanfaat untuk perkembangan tulang bayi, dan ibu hamil, juga untuk pengontrolan kontraksi otot dalam tubuh.
  • Sumber vitamin C
Dalam pisang terdapat vitamin C yang tinggi, dan berfungi menyerap zat besi, pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, kesehatan kulit, dan juga antikosidan yang membantu melawan infeksi, dengan meningkatkan sistem imun.
  • Mengobati diare
Pisang memang kaya akan serat yang dapat mengentalkan tinja, namun mudah dicerna karena teksturnya yang lembut. Kandungan kaliumnya juga mampu meredakan kram usus.
  • Meningkatkan nutrisi ASI
Segala nutrisi yang terdapat pada pisang seperti mineral, vitamin c, dan karbohidrat akan dibawa oleh ASI yang suatu saat berguna bagi bayi.
  • Meningkatkan nafsu makan
Ibu hamil terkadang kehilangan nafsu makan, nah untuk mengatasinya bisa memakan pisang karena mampu memancing nafsu makan, dan melancarkan pencernaan.
Apakah pisang aman dikonsumsi ibu hamil?
Pisang aman dikonsumsi, dan malah baik untuk ibu hamil karena kaya akan nutrisi yang diperlukan bagi ibu dan sang buah hati dengan catatan dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, atau tidak boleh berlebihan. Namun bagi yang memiliki alergi dengan pisang, tidak disarankan mengkonsuminya. Akan lebih baik bila pastikan terlebih dahulu bahwa anda bukan penderita diabetes saat kehamilan, lalu berkonsultasilah dengan dokter.
Bagaimana pisang yang bagus untuk dikonsumsi?
Pisang yang masih segar, dan matang. Tidak terlalu matang.
Bagaimana cara makannya?
Bisa dimakan langsung, atau dibuat jus, serta dijadikan campuran makanan lain.
Berapa kali sehari saya harus mengkonsumsi pisang?
Sehari maksimal 3 buah, jadi boleh 1 atau dua. Apabila memiliki riwayat diabetes, atau mengalaminya saat kehamilan sebaiknya konsultasi dengan dokter.
Pisang merupakan sumber nutrisi yang bemanfaat bagi ibu hamil, dan janin.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.
referensi: parenting.firtscry. Eating Banana during Pregnancy: Health Benefits &Precautions.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli