Diet Kenyang dengan Manfaat Kesehatan Buah Pisang

.
Latar belakang:
kementriankesehatan.com - Buah pisang memiliki manfaat untuk diet karena dapat memperlambat pencernaan,d an menyebabkan kenyang lebih lama, mencegah anemia dan sebagainya. Dalam 100 gram pisang, terdapat 0,3 gram lemak, non kolesterol, 1 mg garam, 360 mg kalium, 2,6 mg serat, 12 mg gula, dan 1,1 mg protein. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan asupan gizi secara cepat, namun kenyang lama. Berbeda dengan orang Indonesia yang berupa nasi, di Afrika, pisang menjadi makanan pokok, Lalu apa sih manfaat buah pisang untuk diet:
"manfaat buah pisang untuk diet"
source: pixino
1. Kenyang lama
Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang mampu memperlambat pencernaan, sehingga bagi yang sedang menjalani diet, akan merasakan kenyang lebih lama. Untuk itulah banyak ornag yang menggunakan sebagai menu sarapan.
2. Memperlancar pencernaan
Rasa manis dan asam serta teksturnya yang lembut, mudah dicerna oleh tubuh, sehingga memperlancar metabolisme, atau pencernaan. Sangat cocok bagi yang melakukan diet tinggi serat namun takut sembelit, atau susah buang air besar.
3. Meningkatkan kesehatan jantung
Penelitian yang dilakukan oleeh universitas di Inggris, mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat sepeerti pisang dapat menurunkan resiko penyakit kardiosvaskular, dan penyakit jantung koroner. Sehingga bagi yang menjalani diet seperti keto, tak perlu khawatir tentang kesehatan jantung.
4. Asupan energi
Pisang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin dan mineral, yang diperlukan tubuh. Sehingga bagus untuk pelaku diet, yang ingin tetap menjaga kesehatan tubuh.
5. Mencegah tekanan darah tinggi
Saat diet, biasanya orang menghindari garam, karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Pisang merupakan makanan yang kaya nutrisi namun rendah garam hanya 1 mg dalam 100 gram pisang.
6. Mencegah anemia
Saat diet terkadang kita merasakan lelah, lemas, dan pucat, hal itu bisa jadi karena kekurangan sel darah merah akibat pola makan yang tidak sehat. Pisang kaya akan zat besi yang baik untuk meningkatkan sel darah merah. Sehingga mencegah rasa lelah, dan lemas saat menjalani diet.
Caranya:
1. Apabila anda ingin menggantikan, waktu makan anda, entah pagi, siang atau malam dengan pisang seperti yang dilakukan oleh beberapa penggiat diet telur. Sebaiknya batasi 2 buah.
2. Apabila menggunakan pisang untuk waktu berminggu-minggu, pilihlah yang agak keras, karena pisang mudah matang.
3. Kesehatan pisang juga perlu diperhatikan, pastikan buah tersebut masih segar, atau bukan matang karena layu, dan kulit pisang nampak halus, tidak ada bintik-bintik, karena itu menandakan adanya ulat.
Sekian semoga bermanfaat dan sehat selalu.
referensi : food.ndtv. 7 Wonderful Benefits Of Banana: How To Include The Fruit In Your Daily Diet. 31-01-2019 15:27 W.I.B.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli