Gila! Begini Manfaat Bioteknologi Modern Bagi Kesehatan

.
kementriankesehatan.com - Bioteknologi modern telah berkembang dan terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan seperti: meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan harapan hidup secara global. Manfaat bioteknologi modern bagi kesehatan meliputi berbagai aspek seperti mencegah malnutrisi hingga pengurangan nutrisi.
"manfaat bioteknologi"
source: pxhere
  • Mencegah malnutrisi atau kekurangan gizi
Kekurangan nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, bisa menyebabkan sistem imun lemah, dan berdampak seseorang mudah terserang penyakit, hingga kematian. Dengan bioteknologi makanan pokok seperti jagung, beras, kentang kedelai bisa ditingkatkan kandungan nutrisinya. Tantangan terbesar negara berkembang adalah tingginya kematian ibu, dan anak akibat kekurangan gizi. Dengan rekayasa gentik yang dihasilkan bioteknologi, maka nutrisi bisa tercukupi. Dan secara otomatis mengurangi tingkat kematian pada ibu dan anak.
Baca Ya:
Cara Mengetahu Berat Badan Ideal, Kurus, dan Obesitas.
  • Pengurangan polusi
Dalam pengembangan, dan pertumbuhan makanan seringkali melibatkan teknologi yang tidak ramah lingkungan, menyebabkan banyaknya polusi akibat limbah yang dtimbulkan sehingga mengganggu kesehatan pernapasan. Dengan berkembangnya bioteknologi yang modern, tanaman yang diperkaya nutrisi dapat dimodifikasi secara gentik, sehingga limbah yang dihasilkan bisa ditekan. Dan dengan mikroorganisme, maka limbah berbahaya bisa diolah, dan didiversifikasi.
  • Diagnostik Molekuler
40% penyebab kematian disebabkan oleh parasit, dan infeksi seperti TBC, HIV/AID, dan Malaria. Penyebaran penyakit ini bisa diatasi dengan pendeteksian yang cepat, tepat, dan akurat yang dihasilkan berkat bioteknologi yang biasa disebut diagnostik molekular. Dengan teknologi ini pendeteksian secara dini menyebabkan tingkat penyebembuhan lebih tinggi sehingga meningkatkan harapan hidup.
  • Protein terpeutik rekombinan
Dengan bioteknologi perkembangan vaksinasi telah mampi membuat vaksin rekombinan yang berguna untuk memberantas penyakit tidak menular seperti kanker. Bahkan protein terapeutik mampu mengurangi 60% kematian di negara berkembang akibat penyakit tidak menular. Menurut PhrMa, sejenis penelitian farmasi, danmanufaktur Amerika, Biofarmasi, dan protein cukup efektif dalam pengobatan penykit kronis, dan kompleks meliputi 254 kanker, 163 bakteri, 59 untuk kekebalan tubuh, 34 untuk penyakit HIV, dan 633 produk lain sedang dikembangkan dikembangkan. Bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit yang tidak mungkin diobati dengan cara konvensional, seperti mengobati asma, arkinson, dan alzheimer
  • Mengobati Diabetes
Dengan bioteknologi maka bisa menciptakan insulin yang mampu melawan diabetes tipe 1.
  • Vaksinasi
Kesehatan masyarakat merupakan hal yang diutamakan di seluruh dunia, dan pencapaian besar dalam dunia kesehatan adalah penemuan vaksin. Dengan ditemukannya vaksin karena kemajuan bioteknologi maka penyakit cacar, polio, dan tbc bisa dicegah.
Jadi secara garis besar bioteknologi memiliki manfaat berupa: Mengurangi tingkat penyakit menular, menyelamatkan jutaan nyawa anak-anak, meminimalkan resiko kesehatan, dan efek sampingnya, membuat alat yang lebih canggih, tepat, efisien, dan efektive dalam pendeteksian penyakit.
source :  Behaviouralscience. Biotechnology in Health Health Education: Healthty Lifestyle diakses pada tanggal 17 Januari 2019 18:54 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli