Ssst! Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

.
Makanan Untuk Kesehatan Ginjal
source: pxhere
kementriankesehatan.com - Ginjal merupakan organ dalam manusia yang bebentuk kecil namun memiliki tanggung jawab besar terhadap tubuh, seperti mengatur tekanan darah, garam, air, membuang limbah racun, memproduksi urin, dan sebagainya. Berapa kebiasaan entah itu pola makan seperti sodium, kalium, fosfor, dan protein, atau faktor resiko seperti diabetes, jantung, kolesterol menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Hal ini mengakibatkan limbah menumpuk dalam darah. Tetapi tenang, ada berbagai macam pilihan makanan untuk kesehatan ginjal anatara lain:
  • Kembang kol
Kembang kol kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, K, dan B Folat. Juga diperkaya akan antinflamasi sebagai sumber serat yang baik untuk perncernaan terutama bagi organ ginjal.
  • Blue berry
Dalam blue berry tekandung antioksidan, anthocyanin yang dapat mencegah penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Penyakit inilah yang biasnaya menyebabkan komplikasi berupa gagal ginjal.
  • Anggur merah
Anggur merah kaya akan vitamin C, dan antioksidan flavonoid yang terbukti mampu mengurangi peradangan. Kandungan resveratrol juga dapat melindungi diabetes yang menjadi faktor besar terkena gagal ginjal.
  • Putih telur
Kuning telur meamng memiliki banyak manfaat, namun memiliki kandungan fosfor yang tinggi, yang dapat menyebabkan ginjal bekerja keras, apabila dikonsumsi terus menerus ginjal akan mengalami penurunan fungsi. Untuk itu putih telur adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin menajaga atau meningkatkan kinerja ginjal sebab mengandung protein yang ramah terhadap ginjal kita.
  • Bawang putih
Orang yang memiliki maslah ginjal, diharuskan menghindari natrium terutama garam. Nah karena bumbu penyedap alami tersebut tidak boleh dikonsumsi maka bawang putih selain bisa dijadikan laternatif juga kaya akan vitamin C, dan B6 yang mengandung senyawa sulfur, yang baik untuk antinflamasi.
  • Soba
 Kebanyakan biji-bijian mengandung fosfor yang tinggi, kecuali karbohidrat seperti gandum. Soba memiliki nutrisi yang tinggi seperti vitamin B, magnesium, zat besi dan serat.
  • Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah sumber lemak yang bebas fosfor sehingga sangat baik untuk penderita gangguan ginjal, dan sering direkomendasikan bagu yang sedang diet, namun ingin kalori yang tinggi.
  • Kubis
Di dalam kubis terkandung vitamin K, B, C yang tinggi disertai kaya serat yang ramah bagi ginjal.
  • Ayam tanpa kulit
Orang yang mengalami masalah pada ginjal, harus berhati-hati terhadap konsumsi protein. Namun protein sangat diperlukan oleh tubuh. Untuk itu apabila memakan daging ayam sebaiknya tidak dengan kulitnya karena justru disanalah sumber protein fosfor, kalium dan natrium.
  • Paprika
Paprika merupakan sayuran yang rendah potasium, namun tinggi akan vitamin A, dan C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sering direkomendasikan bagi orang yang memiliki gangguan pada ginjal.
  • Lobak
Lobak merupakan sayuran yang renyah, mengandung vitamin C yang dapat mengurangi resiko jantung dan katarak, namun ramah bagi ginjal karena rendah kalium dan fosfor.
  • Nanas
Jeruk, pisang, dan kiwi mungkin kaya akan vitamin C namun tinggi potasium yang tdiak baik untuk kesehatan ginjal. Salah satu buah yang rendah potasium namun tinggi vitamin C adalah nanas. Dalam nanas juga terkandung enzim yang dapat mengurangi peradangan.
  • Cranberi
Buah cranberi mengandung fitonutrien, proanthocyanidins A yang dpat mencegah bakteri menempel di kandung kemih. Nah apabila terinfeksi bia menyebabkan penyakit ginjal. Buah ini juga rendah kalium, fosfor dan natrium.
  • Jamur sitake
Bagi yang mencari pengganti protein, seperti sedang diet untuk kesehatan ginjal jamur sitake adalah piliham tepat karena mengandung protein nabati.

Makanan di atas meruapakan alternatif yang aman, dan sehat untuk ginjal. Namun bagi yang memang tidak memiliki masalah dengan ginjal akan lebih baik bila mengkonsumi makanan lain sebagai sumber nutrisi. Kuncinya jangan berlebihan makan garam karena tinggi protein, dan jangan terlalu sering menahan air kencing.
Sekian semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
source: The 20 Best Food for People Kidney Problem 21 Januari 2019 20:09 WIB.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli