Inilah Makanan yang Saya Konsumsi Agar TBC Cepat Sembuh

.
kementriankesehatan.com - Saat saya terkena tbc dokter mengatakan bahwa saya harus menjalani minimal 6-9 bulan pengobatan. Dan karena saya tidak ingin menjalani samapi 9 bulan, jadi saya mengkonsumsi makanan yang disarankan oleh dokter sehingga bisa cepat sembuh dalam 6 bulan. Itu waktu yang paling cepat bagi yang terkena dalam kategori 1. Ada tiga macam makanan agar tbc cepat sembuh: wajib, berprotein tinggi, dan buah-buahan.
"Makanan Agar TBC Cepat Sembuh"
source: pixabay
1. Wajib:
Faktanya, dan harus diingat sampai hari ini belum ada obat lain yang mampu menyembuhkan penyakit tbc, selain OAT.
Dari pengalaman dokter yang menangani saya, beberapa pasien terjebak akan obat herbal untuk menyembuhkan tbc, padahal hal itu hanya mengurangi gejalanya, dalam waktu beberapa bulan akan kambuh lagi, kemudian makan pil lain lalu kambuh lagi begitu seterusnya hingga akhirnya tanpa sadar penyakit bertambah parah. Itu bukan hanya dari cerita dokter, beberapa cerita teman-teman di komunitas Peduli TB juga demikian. Jadi apabila ada yang mengklaim bisa menyembuhkan, itu kurang tepat, mungkin lebih tepatnya membantu penyembuhan, namun tidak bisa mengobati secara tuntas.
  • Obat
Sejauh yang saya ketahui, TBC merupakan penyakit mematikan dengan resiko kematian hingga 90%. Dan bayangan hal itu sudah ada sejak jaman dahulu, baru tahun 1943 obat itu ditemukan, dan itupun belum sesederhana sekarang yang dari berbagai bahan dijadikan satu tablet sehingga memudahkan pasien. Kandungan INH, Rifampicin, dan lainnya terbukti mampu membunuh kuman mycrobacteria tuberculosis dengan presentase sembuh diatas 90%. Nah loh, jadi obat ini telah menyembuhkan jutaan orang di dunia. Kalau si penemunya masih hidup, ingin kukalungkan padanya karangan bunga, sepenuhnya dari anggrek. :)
Bulan 1-2 biasanya seorang akan meminum obat secara teratur hingga berwarna merah, dan gratis bila berobat di puskesmas. Berapa tablet, biasanya disebuaikan dengan berat badan, dahulu saya 3 tablet perhari. Dan itu tidak boleh lupa, atau kelewat, bila lupa akan diulang lagi dari awal di hari pertama. Kalau berbohong bagaimana om? Sempat kepikiran demikian, namun dokter berkata dia tahu kalau pasiennya bohong? Bagaimana tahu, dia memiliki catatan, bila misalkan seharusnya dihari ini ambil obat, dan obat habis, rupanya baru besok mengambilnya, berarti si pasien lupa. Kalau misalkan si pasien membuang 3 tablet, dan berkata tidak pernah lupa. Kata pak dokter, biasanya setahun dua tahun kemudian tubuh merespon, yang akhirnya menjadi kambuh.
Intinya: Si pasien bisa saja bohong pada dokter, tapi tidak bisa bohong pada tubuhnya.
2. Protein:
Tbc merupakan penyakit yang menggorogoti tubuh manusia, perlahan-lahan berat badan terus turun, dan mengakibatkan tubuh kurus. Dan saat itu, kekebalan tubuh kita benar-benar diserang oleh bakteri, merusak jaringan paru-paru. Untuk itulah diperlukan protein yang tinggi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bukankah salah satu tanda orang sehat memiliki berat badan ideal?
  • Telur 
Seorang saudara yang bekerja di puskesmas, menyarankan saya untuk makan telur sehari 2 kali, dan benar. Kadang saya malah makan telur sehari 4 kali. Tentu saja dengan nasi.
  • Ayam
Ayam juga merupakan makanan tinggi protein. Biasanya saya memakan hampir tiap hari. 
  • Ikan
Selain kandungan protein yang tinggi juga memiliki asam omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak.
Ketiga makanan itu, salah satunya harus ada dalam setiap kali makan. Tidak boleh bosan, saya pernah berhar-hari dengan menu telur. Ya itu semua dilakukan karena ingin cepat sembuh. Salah satu tandanya adalah berat badan naik. Toh ini dilakukan demi mengembalikan/meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar suatu saat bila sembuh kita tidak lagi bergantungan dengan obat.
3. Buah:
Buah merupakan sumber kaya antioksidan yang berguna untuk memperkuat sistem imun kita dan juga  kaya serat untuk memperlancar pencernaan. Kita kan diwajibkan banyak makan, jadi agar tidak terjadi susah buang air besar, buah merupakan solusi yang tepat.
  • Pisang
Pisang merupakan buah yang murah meriah. Dulu waktu masih pengobatan, saya selalu sedia satu sisir pisang emas. Itu saya jadikan sebagai camilan. Nah loh, daripada nyamil nasi atau makanan yang tidak bernutri, yang sebenarnya hanya membuat kenyang namun tidak menyehatkan. Dan biasanya tidak sampai 1 minggu udah habis sama saya. Haha.
  • Jeruk
Jeruk juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang membantu proses penyembuhan. Selain itu juga bisa digunakan untuk mereka yang susah buang air besar.
  • Anggur
Anggur merupakan buah yang kaya antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kalau saya sendiri buah-buahan saya jadikan makanan penutup setelah makan nasi, atau minum susu, dan paling sering sebagai camilan sebelum tidur.
Selain itu salah satu hal yang cukup berperan dalam kenaikan berat badan dan proses penyembuhan adalah susu.
Susu merupakan minuman yang kaya akan protein tinggi. Saya meminum 3X sehari, secara teratur hingga 3 bulan, maka tak heran berat badan saya naik dari yang 51,9 menajdi 55,9KG.
Baca juga:
Tips diatas murni pengalaman pribadi saya, sekarang saya telah sembuh dari tbc, hanya dalam waktu 6 bulan, cek dahak bulan 2, 5, dan 6 semuanya negative. Bagi yang sedang dalam pengobatan, semangat! Kuncinya disiplin. Semoga segera sembuh.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu