Wow! Ternyata Diet Mediterania Memiliki Banyak Sekali Manfaat, Apa Saja?

.
kementriankesehatan.com - buah dan sayur, lemak yang sehat, hingga biji-bijian yang bermanfaat menurunkan resiko terserang berbagai penyakit. Selain itu, ternyata diet mediterania memiliki banyak sekali manfaat, apa saja?
"manfaat diet mediterania"
source: commons.wikimedia
  • Mengontrol berat badan
Dengan mengurangi makanan olahan pada diet mediterania maka secara otomatis mengurangi kalori yang masuk di dalam tubuh. Kebanyakan orang merasa ngemil adalah suatu makanan yang ringan, tanpa memperhatikan kalori yang terkandung di dalamnya. Anehnya ngemil hanya sedikit, tapi dilakukan di pagi, siang, dan malam. Hal itu berperan cukup besar dalam menaikan berat badan.
  • Baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak
Diet Mediterania mengharuskan banyak makan ikan, dan kita tahu bahwa di dalam ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan otak.
  • Meningkatkan kesehatan jatung
Dikarenakan kita tidak diperbolehkan makan lemak, daging yang tidak  sehat, maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ada sebuah penelitian bahwa wanita yang melakukan diet mediterania memiliki resiko penyakit jantung 25% lebih rendah. Bahkan ada sebuah penelitian dalam 12 tahun terakhir bahwa 25.000 orang wanita yang mengkonsumsi makanan nabati atau buah dan sayur yang kaya akan lemak sehat, dan minyak zaitun, namun rendah daging, dan gula ternyata bisa mengurangi peradangan dan penyakit kardiovaskuler.
  • Panjang umur
Karena kita hanya mengkonsumsi makanan alami, maka tubuh kita tidak lagi menumpuk zat berbayaha yang tidak diperlukan/toksin/racun, sehingga kesehatan tubuh lebih terjaga. Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalam buah dan sayur bisa melawan kerusakan oksidatif, yang berkaitan dengan penuaan, sehingga akan terlihat awet muda.
  • Mengatasi Peradangan
Omega 3 yang terdapat pada ikan salmon, makarel, dan tuna mampu mengurangi peradangan.
  • Mengencangkan kulit
Omega 3 juga bermanfaat memperkuat sel-sel kulit sehingga tetap elastis.
  •  Meringankan rasa sakit
Apabila saat diet mediterania kita rutin mengkonsumsi minyak zaitun yang kaya akan senyawa oleochental, maka bisa mengurangi rasa sakit.
  •  Menurunkan/mencegah resiko kanker
Kanker rahim, dan payudara dipercaya bisa berkurang apabila melakukan diet mediterania. Sebab kita tidak lagi mengkonsumi makanan olahan yang mengandung zat berbahaya yang beresiko pada kanker.
  • Otak tetap tajam
Kacang-kacangan, dan minyak zaitun yang tinggi akan antioksidan ternyata bisa mengurangi penurunan mental.
Sekian. Semoga bermanfaat, dan sehat selalu. Semoga dietnya sukses!
sumber : Health. 7 Health Benefits of Mediterranean Diet diakses pada tanggal 11 Januari 2019 15:01 WIB

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu