Begini Cara Penyembuhan Flu Singapura Pada Anak

.
kementriankesehatan.com - Penyakit HFMD, atau yang sering kita kenal dengan flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie a16, dan enterovirus 71. Gejala flu singapura meliputi borok, atau luka di dalam atau disekitar mulut, dan ruam di tangan, kaki, atau bokong. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun yang sering terjadi adalah pada anak berusia di bawah 10 tahun. Walau begitu flus singapura terutama yang menyerang anak bisa dicegah dengan berbagai cara.
"cara mencegah flu singapura"
source: wikimedia.commons
Anak yang aktive, dan bersentuhan dengan tangan orang yang sudah terjangkit, mainain, meja hingga gagang pintu cenderung mudah tertular. Biasanya kalau sudah tertular, anak akan merasa demam, dan sakit pada tenggorokan, atau sariawan pada mulut bagian dalam hingga lidah. Ada juga yang disertai ruam pada telapak tangan dan kaki. Luka trsebut bisa menyebabkan sang anak kehilangan nafsu makan, dan minum sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, sampai dehidrasi.
Pada telapak tangan dan kaki bisa berupa lepuh, bintik-bintik, namun beberapa kasus bisa menyerang, lutut hingga siku.
Bagaimana ciri-ciri anak anda terkena flu singapura?
Sebelum dokter mendiagnosis penyakit, biasanya akan ditanya tentang gejala yang diderita sang anak, lalu memeriksa tenggorokan, hingga mengambil sampel darah untuk dilakukan pemeriksaan.
Pada umumnya penyakit ini bsia sembuh sendiri selama 7-10 hari, dan sampai saat ini tidak ada pengobatan pemberian vaksin. Namun apabila ingin mengurangi gejalanya agar cepat sembuh bisa dilakukan dengan cara:
  • Penghilang rasa sakit seperti ibuproven (advil), dan acetaminophen (tylenol)
  • Mengkonsumsi makanan/minuman dingin seperti es krim, yogurt untuk meredakan rasa sakit.
  • Obat oles untuk gatal.
Pada seminggu pertama setelah terjangkit, anak bisa menularkan pada orang dewasa. Penularan bisa melalui air liur, hingga kotoran, untuk itu, setelah mengganti popok, segerala untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Pada minggu-minggu setelah anak sembuh, gejala mungkin hilang, namun virus masih bersemayam di dalam tubuh, dan masih bisa menularkan pada orang lain. Untuk itu pastikan bahwa anak terebut benar-benar sembuh dengan memeriksa diri ke dokter.
Semoga bermanfaat, dan semoga anda sekeluarga sehat selalu.
sumber : WebMD. Facts About Hand-Foot-And-Mouth-Disease. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019 pukul 17:33 WIB.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu