Oh! Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

.
kementriankesehatan.com - Menjaga kesehatan ginjal merupakan kesadaran kesehatan setiap orang, sebab organ ini memiliki fungsi penting sebagai detioksifikasi, menyaring limbah pada urin, dan membuang kelebihan air. Kebiasaan seperti buang air kecil, atau makanan yang tidak bernutrisi menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, atau tidak maksimal, atau riwayat penyakit seperti diabetes juga perlu diwaspadai. Penyakit ginjal merupakan penyakit yang berbahaya dan harus segera ditangani. Sebab apabila sudah terjadi kerusakan, atau gagal ginjal maka secara otomatis tubuh akan kehilangan fungsi detoksifikasi, dan mengakibatkan kelebihan air, garam, racun, bahkan tekanan, dan keasaman darah. Untuk itu sangat penting mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal yang baik:
    "Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal"
    source: enwikimedia
  • Olahraga agar tetap fit
Olahraga merupakan salah satu program dari kesehatan ginjal di dunia sebab dapat memabntu seseorang fit. Kondisi fit bisa mjempengaruhi kadar gula darah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Kontrol rutin kadar gula darah
Setengah dari orang yang terkena diabetes mengalami kerusakan ginjal. Untuk itu kontrol kadar gulda darah sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan stroke, jantung, dan diabetes
  • Makan sehat
Makanan yang sehat dan menjaga berat badan akan mengindari dari resiko terkena gagal ginjal seperti diabetes, jantung, atau kolesterol. Kurangilah mengkonsumsi garam, sebab kelebihan natrium bisa menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Akan lebih baik bila makan dengan masakan sendiri yang baik untuk kesehatan ginjal.
  • Perhatikan asupan cairan
Sering orang menyarankan untuk banyak minum air putih ketika tidak enak badan, mungkin mereka tidak tahu alasannya. Jadi begini, cairan banyak membantu ginjal membersihkan natrium, urea, dan racun dalam tubuh yang beresiko terhadapat penyakit ginjal kronis. Bahkan untuk orang yang rentan terkena batu ginjal disarakan untuk banyak mengkonsumsi air. Banyaknya air tergantung pada kondisi seperti hamul, jenis kelamin, hingga berat badan.
  • Jangan merokok
Rokok memperlambat aliran darah ke ginjal. Aliran darah yang tidak sampai dengan maksismal menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker ginjal sekitar 50%.
  • Jangan minum obat sembarangan
Obat antiinflamasi steorid seperti ibufren terbukti dapat menyebabkan kerusakan ginjal apabila dikonsumsi secara teratur. Untuk itu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.
Nah bagi yang memiliki bakat, atau fakti resiko penykait ginjal seperti diabetes, hipertensi, obesitas, keturunan dari keluarga yang terkena gagal ginjal, perlu diperhatikan, dan tips di atas mungkin perlu dimulai dari sekarang. Bukankah mencegah lebih murah daripada mengobati?
Sekian. Semoga bermanfaat dan sehat selalu. Salam hidup sehat.
source: worldkidneyday. 6 Golden Rules-World Kidney Day. 19 Januari 2019 13:02 WIB

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli