Cara Mengatasi Agar Anak Anda Suka Makan Sayur

.
kementriankesehatan.com - Seringkali anak tidak menyukai mengkonsumsi makanan sayuran, dan buah disebabkan tidak enak, atau karena tidak terbiasa. Berikut cara atau tips mengatasi agar anak anda suka makan sayur, dan buah.
"agar anak makan sayur"
source: pixabay
  • Berilah sayur, dan buah sedikit demi sedikit.
Apabila anak baru makan sayur, sebaiknya jangan langsung di beri banyak, dan apila sudah tidak mau, jangan dimarahai, karena hal itu menyebabkan sang anak tidak nyaman, dan menganggap setiap makan sayur dan buah akan dimarahi. Carilah cara lain yang lebih kreatif selain membentak, atau berkata kasar, anggaplah sayur dalam sendok tersebut pesawat terbang, cobalah ajak bermain sambil makan, dan sebagainya.
  • Ajaklah anak ikut ke dapur, dan memasak.
Sekali-kali ajak anak anda ke pasar untuk memilih buah dan sayur yang mereka suka. Biarkan mereka mencuci, menguras, hingga memasak bersama. Karena biasanya anak lebih suka memakan apa yang mereka buat.
  • Menambahkan ke dalam makanan favorit
Apabila anak anda sangat menyukai nasi goreng, atau pizza, cobalah untuk memberikan sayuran ke dalamnya. Hal itu mungkin akan menutupi rasa atau bau sayuran yang tidak mereka sukai.
  • Sajikan makanan yang menyenangkan
Apabila anda ingin menyajikan makanan seperti kol, tatalah seolah itu rambut. Wortel bisa juga dijadikan mata, dan lainnya. Dan usahakan makanan terssebut disajikan kecil-kecil agar mudah dicerna oleh sang anak.
  • Jangan bertengkar karena sayuran.
Apabila anak anda mendorong piring karena tidak menghabsikan makanan sayuan, tahanlah amarah anda. Sebab hal itu bisa menyebabkan sang anak berfikir bahwa setiap makan sayur akan diamrahi. Hal itu bisa berdampak pada kesehatan, dan psikologi anak. Untuk itu jangan menganggap semua anak sama, semua anak yang dimarahi akan menurut. Namun bukan berarti sebagai orangtua harus menyerah.
  • Cobalah beragam jenis sayuran
Apabila anak anda tidak menyukai kubis, cobalah wortel, lalu brokoli dan sebaginya untuk mengetahui jenis mana yang disukai.
    "agar anak makan sayur"
    source : publicdomainfiles
  • Ajaklah teman untuk makan sayur
Anak biasanya suka meniru teman atau orang lain. Ajaklah teman mereka yang suka makan sayur, agar anak anda ikut makan. Atau sindirlah si A yang suka makan sayur sehingga membuat sang anak merasa tak mau kalah mengkonsumsinya.
  • Berilah Contoh
Anak juga suka sekali meniru orangtua, contohlah makan sayur di depan anak anda.
  • Sajikan dengan olahan lain
Apabila anak tidak suka makanan yang digoreng, bisa dicoba dengan cara direbus atau sebagainya.
Pada awalnya lidah anak mungkin menolak makan sayur, intinya cobalah sedikit demi seidikit hingga mereka terbiasa, karena biasanya apabila sudah remaja atau dewasa mereka akan menyukainya.
sumber : WebMD. Get Kids to Eat More Vegetable. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019 pukul 21:00 WIB.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu