Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan, Ngeri!

.
kementriankesehatan.com - Mie instan adalah makanan cepat saji, yang ber-bahaya bagi kesehatan apabila sering dikonsumsi, makanan berbentuk mie yang biasanya dikemas bersama bumbu, dan dimasak dengan cara direbus sehingga dapat disajikan dengan cepat, dan tidak membutuhkan keahlian memasak yang tinggi. Namun banyak Banyak sekali jenis mie instan yang populer seperti, indomie, mie sedap, sarimie, mie burung dara, atau pop mie. MSG yang terkandung di dalam bumbu, dan bahan-bahan lain menjadikan mie terasa gurih. Cuaca hujan, merupakan saat yang tepat untuk makan mie apalagi bila mie tersebut buatan dari warung indomie yang menjamur disepanjang sudut kota Jakarta. Situasi seperti berpergian jauh, namun ingin mendapatkan makanan yang cepat, serta murah mungkin menjadi alasan orang memiliki makanan ini. Atau karena terbangun ditengah malam, dan warung makan, serta restoran sudah tutup atau terlalu jauh, menyebabkan mie instan menjadi pilihan utama sebab penyajiannya sangat praktis. Namun di luar kelebihian itu, ternyata mie instan berbahaya bagi kesehatan perempuan, anak, dan ibu hamil.
"Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan"
source: commons.wikimedia
  • Kanker
Ketika mengkonsumsi mie instan, pencernaan akan memproses secara lambat, sedangkan bahan kimia, dan pengawet di dalam tubuh tetap disimpan. Sebab tubuh kita memproses semua yang masuk ke dalam perut. Akibatnya, zat kimia tersebut menumpuk, padahal zat seperti BHA, dan TBHQ yang digunakan untum membuat mie, bersifat karsinogenik, atau dapat memicu kanker. Bisa juga menyebabkan asma, diare apabila dikonsumsi dalam waktu yang lama.
  • Penyakit Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa wanita yang sering mengkonsumis mie instan memiliki resiko tinggi terkena sindrom metabolik sekitar 68%. Sindrom metabolik adalah gejala seperti obesitas sentral, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol HDR rendah yang berakibat pada penyakit jantung, diabtes, tau terserang stroke.
  • Tekanan Darah Tinggi
Dalam mie instan memiliki kandungan garam yang tinggi. Di dalam garam terdapat natrium, apabila dikonsumi dalam jumlah yang tinggi bisa menyebabkan resiko tekanan darah tinggi.
  • Malnutrisi
Walaupun mie instan memiliki kalori yang cukup tinggi, dan mengenyangkan, namun hal itu tidak mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam sehari. Akibat dari rendahnya kadar nutrisi, terutama protein, berdampak pada kekurangan gizi. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi mie tentu tidak baik bagi kesehatan janin. Begitupun anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan sistem imun lemak, dan berdampak pada mudahnya terserang berbagai penyakit seperti TBC.
  • Gejala Kelebihan MSG
Rasa gurih yang terdapat dalam bumbu mie instan mengandung MSG yang cukup tinggi, apabila kita kelebihan MSG, bisa menyebabkan gejala seperti pusing, mual, haus sekali. Sebuah penelitian mengungkapkan apabila mengkonsuminya dalam jumlah yang sangat tinggi maka bisa berdampak pada kesehatan otak. Meskipun zat aditif ini masih banyak diperdebatkan oleh berbagai penelitian, ada yang mengatakan aman dan tidak aman.
Konsumilah mie instan dalam jumlah sedang semisal seminggu atau sebulan sekali, sebab hal itu umumnya tidak akan berdampak banyak pada kesehatan. Tambahkanlah nutrisi lain seperti sumber protein berupa telur, atau ayam bisa digoreng terpisah, atau direbus bersama dengan mienya, tambahkan sayuran seperti kubis, daun bawang atau seledri, sebab tubuh kita tidak mempedulikan kenyangnya, namun nutrisinya. Jangan jadikan mie instan sebagai makanan diet karena rendah nutrisi, hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi.
Demikian. Semoga bermanfaat, dan sehat selalu. Salam dari warkop sebelah.
referensi:
1. Healthline. Are Instant Noodle Bad for You?
2. Lifehack. What Will Happen to Your Body When You Eat Instan Noodle.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu