Bahaya Mengikuti Tren Diet Bagi Kesehatan

.
kementriankesehatan.com - Banyak orang yang mengikuti diet berdasarkan trend, tanpa tahu bahaya trend diet tersebut bagi kesehatan. Dari tahun ke tahun metode diet terus berkembang, mungkin tahun lalu metode ketogenic sangat populer, atau sebelumnya detok, hingga sekarang metode mediterania yang menjadi yang terbaik di Amerika pada tahun 2019, bahkan baru-baru ini muncul metode nordic, dan banyak orang yang mengikutinya, menariknya lagi orang tersebut baru mencobanya beberapa hari lalu pindah ke metode lain. Sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Namun tahukah kalian bahwa mengikuti tren diet bisa membahayakan kesehatan? Diet bukanlah tentang tren, melainkan tentang yang cocok bagi tubuh, karena setiap tubuh manusia bisa memiliki respon yang berbeda terhadap makanan, atau pola hidup. Bahkan apabila diet tersebut berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan KG, apabila kembali ke kebiasan lama maka berat badan sangat mungkin kembali.
"bahaya mengikuti trend diet"
source : pxhere
Berikut beberapa jenis diet yang berbahaya:
  • Diet Wirewolf
Atau diet manusia srigala adalah metode penurunan berat badan dengan menerpkan pola makan buah, sayur, dan air mineral saja pada tiap bulan purnama. Para berpendapat diet ini tanpa dasar, karena tidak adanya penelitian yang membuktikannya. Malah hal itu bukan hanya mengganggu kesehatan sebab kehilangan banyak kalori, dari asupan makanan pokok yang penting, namun cenderung melakukan cara penurunan berat badan yang salah dan berakibat gagal, dan memungkinkan akan mendapatkan berat badan kembali.
  • Diet Five-Bite 
Pernahkah anda terfikir untuk makan hanya 10 gigitan sehari. 5 gigitan pada makan siangm, dan 5 gigitan pada makan malam. Para ahli berpendapat baha metode diet 5 gigitan yang diciptakan Dr. Alwin Lewis ini sama saja menyiksa diri agar sakit. Walaupun anda boleh makan apa saja, namun membatasi kalori seperti ini bisa menyebabkan gangguan dari beberapa organ tubuh seperti janung berderbar, hingg penurunan daya tahan tubuh.
  • Diet Militer
Atau yang sering disebut diet hot-dog, karena biasanya para pelakunya hany amakn hot-dog atau ikan tuna. Ada yang mengatakan bahwa metode ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh, dan menurunkan berat badan hingga 10 pound. Namun setelah ditelilti ternyata hal ini justru akan memperlambat metabolsime akibat kekurangan kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari, dan penurunan berat badan tersebut adalah air.
  • Diet Diet Makanan Bayi
Metode ini dipopulerkan oleh Tracy Anderson, dimana ia mengkonsumi makanan bayi. Maknan tersebut termasuk dalam yang rendah kalori, yang menyebabkan gangguan pada kesehatan.
  • Diet Master Cleanse
Metode ini dipopulerkan oleh Beyonce, saat menurunkan berat badan untuk film Dream Girls. Pada umunya, ini mirip dengan diet detok, yaitu minum jus dari campuran lemon, sirup maple cabai rawit dan air 6 hingga 12 kali sehari. Apabila berhenti melakukan pola ini, biasanya berat badan akan segera naik.
  • Diet Diet Cabbage-Soup
Sup yang kaya akan sayuran memang bagus untuk kesehatan. Namun apabila kita hanya makan sup setiap hari dan hanya berisi kol saja, Asosiasi Kesehatan Amerika mengatakan bahwa hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan terutma bisa menyebabkan sakit perut, dan kelaparan.
  • Diet Grape Fruit
 Seperti halnya kol, jeruk bali memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin C, A, hingga kalium. Hal ini bagus apabila makan jeruk bali setelah mengkonsumsi makanan pokok lain. Namun apabila hanya makan jeruk bali saja selam 10-12 hari menurut Klinik Cleveland, akan berdampak buruk masalah kesehatan yang serius.
  • Diet Cotton Ball Diet
Diet ini sebeanrnya tertulis bahaya yang bisa ditimbulkan, namun sebagian orang tidak peduli, dan bahkan bernagggapan bahwa semakin aneh diet maka semakin efektive hasilnya. Bayangkan saja, kita makan lima bola kapas yang dicelupkan ke dalam jus jeruk, atau lemon. Bola kapas tidak hanya berisi bahan kimia berbahasa, apabila diminum juga bisa menghambat saluran usus.
  • Diet HCG
Menggunakan hormon HCG yang diproduksi saat hamil untuk mengurangi berat badan bisa menyebabkan batu empedu, detak jantung tidak beraturan, depresi dan kelelahan.
  • Diet Tapeworm
Memakan cacing pita, dengan harapan menanam parasit yang memakan makanan secara langsung dari usus. Hal ini memang bisa menurunkan berat badan, namun memiliki resiko kematian.
  • Diet Juice Cleanses
Minum jus memang sangat bagus untuk detoksifikasi, atau menghilangkan racun dalam tubuh. Namun penurunan berat badan dengan cara ini, biasanya tidak akan berlangsung lama, sebab apabila kembali mengkonsumsi makanan pokok, berat badan akan kemabli lagi,dan berat badna yang turun adalah otot, bukan lemak. Kekurnagan protein, dapat menyebabkan tubuh anda malnutrisi/gizi buruk.
  • Diet Sleeping Beauty
Menggunakan obat penenang agar bisa tidur 10 jam, sehingga melewatkan makan siang malam mungkin bisa mengurangi berat badan, namun kekurangan kalori akan menyebabkan masalah serius kedepannya.
  • Diet Blood Type
Diet berdasarkan golongan darah A, B, AB, atau O memang kedengaran bagus. Namun hal itu tidak cocok bila diterapkan, dan beresiko buruk pada kesehatan. Menurut Harvard Medical School, pembatasan makanan yang sebenarnya dibutuhkan tubuh sama saja menghambat kesehatan.
  • Diet Breatharian
Ada yang mengklaim bahwa seseorang berhasil menurunkan berat badan hanya dengan minum air mineral, atau teh, dan berjemur di bawah sinar matahari. Cara seperti itu jelas tubuh tidak akan mendapatkan asupan kalori yang bisa berakibat fatal. Menurut David Oliver PhD, orang yang mengklaim demikian mungkin tak mengatakan yang sebenarnya.
  • Diet The Flecerizing
Mengunyah makanan hingga 100 kali sebelum menelan, tidak hanya menyebabkan rahang sakit, atau lelah, nmun juga membuang banyak waktu, dan sangat tidak efektive.
Banyak sekali metode diet yang muncul mungkin hampir setiap bulan, dan dispopulerkan oleh orang yang tidak tahu latar belakangnya, dan tak ada penelitian yang membuktikan. Diet bukan hanya tentang trend, diet yang baik adalah yang memberikan asupan nutrisi cukup dalam setiap harinya.
Demikian, semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
reference: Bestlifeonline. 15 Fads The Are Downright Dangerius. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019 pukul 20:50

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu