Awas, Bahaya Olahraga Malam Hari Sebelum Tidur, Berikut Tipsnya

.
Awas, Bahaya Olahraga Malam Hari Sebelum Tidur, Berikut Tipsnya
sumber : pixabay
kementriankesehatan.com - Kapan waktu olahraga yang tepat, apakah di malam hari ataukah di pagi hari? Sebagian berpendapat bahwa olahraga di pagi hari sangat bagus terutama pada pukul 8-11 pagi, karena saat itu sinar matahari terasa hangat dan kaya akan vitamin D. Namun dikarenakan tuntutan kerja, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari. Alhasil, mau tidak mau berolahraga di malam hari, seperti futsal, atau olahraga rumahan lain baik ringan atau berat. Tetapi adakah efek atau bahaya dari berolahraga di malam hari sebelum tidur?
Pada prinsipnya olahraga di malam hari diperbolehkan, dan tidak mempengaruhi waktu tidur asalkan dilakukan satu sampai dua jam sebelum tidur, yang jadi permasalahan adalah waktu dan olahraga seperti apa yang dilakukan. Karena banyak orang yang malah mudah sekali, nyenyak tidur setelah berolahraga.
Berikut tips berolahraga di malam hari:
  • Apabila anda termasuk orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi sebaiknya jangan terlau sering melakukan olahraga di malam hari sebab suhu pada saat itu cukup dingin yang memicu serangan jantung. Tipe olahragapun lebih baik jangan terlalu berat seperti lari, futsal dan sebagainya.
  • Apabila anda orang yang tinggal di kota, sebaiknya berolahraga di dalam rumah atau dalam ruangan seperti gim untuk menghindari polusi udara yang bisa mengganggu kesehatan pada pernapasan.
  • Apabila sebelumnya anda telah bekerja, terutama pekerjaan berat. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam, push ups, sit up yang tidak berlebihan untuk menghindari kelelahan yang mengakibatkan jatuh sakit. Namun apabila anda merupakan pekerja ringan yang hanya menghabiskan waktu duduk di depan komputer dan jarang bergerak, jutsru berolahraga di malam hari bagus untuk meningkatkan nadi, kebugaran, menyebabkan rasa rilek, hingga mengurangi stress kerjaan.
  • Lakukanlah intensitas olahraga secara perlahan. Apabila sebelumnya jarang atau bahkan tidak pernah melakukan futsal selama satu jam, kemudian anda melakukannya langsung. Maka hal itu akan mengganggu kesehatan. 
  • Lakukanlah pemanasan sebelum olahraga untuk menghindari cedera. Serta lakukanlah pendinginan. 
  • Pastikan anda berolaraga minimal satu jam setelah makan, sebab apabila setelah makan langsung olahraga hal itu akan mengganggu proses pencernaan.
  • Sebelum dan setelah olahraga sebaiknya minum. Karena karena kekurangan minum bisa menyebabkan kram otot, hingga dehidrasi.
Sumber : Ayo Hidup Sehat Tv One, "Olahraga Sehat: Pagi atau Malam?" Pembawa acara : dr. Reinita Arlin, dr. Haekal Anshari, M. Blomed (AAM), dan bintang tamu : dr. Shopia Hage SpKO.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu