Anggur Selain Bisa Mencegah Penyakit Jantung, dan Kanker Payudara, Juga Memiliki Banyak Khasiat

.
kementriankesehatan.com - Siapa yang tidak suka dengan anggur? Rasanya manis, dan teksturnya terasa juice saat dikunyah. Namun tahukah bahwa anggur berkhasiat mencegah penyakit jantung, dan kanker payudara. Lalu apa saja sih khasiat atau manfaat anggur untuk kesehatan yang lain yang tidak banyak orang ketahui?
"manfaat anggur bagi kesehatan"
sumber : pixabay
  • Mencegah Penyakit Jantung
Di dalam anggur kaya akan antioksidan, seperti seperatrol yang cukup kuat terutama pada kulit, dan biji. Memang agak aneh, namun secara medis, kulit, dan bijinya jangan dibuang tapi ikut dimakan. Sebab disitulah khasiatnya. Untuk jenis anggur yang memiliki antioksidan tinggi ada di anggur merah, atau anggur yang segar, sekitar 5-10mg.
  • Mencegah Kanker Payudara
Ketika dilakukan penelitian sel, dan mansuia ternyata jenis anggur ungu, atau yang kehitaman sangat bagus untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker.
  • Menghilangkan Kerutan di Wajah atau Awet Muda
Selain kandungan antioksidan pencegah penyakit jantungm juga kaya akan vitamin A, B1, B12, C, dan E yang sangat baik untuk membersihkan radikal bebas pada tubuh.
  • Meningkatkan Kesuburan Pria
Sebab antioksidan sangat baik untuk mobilitas sperma/kecepatan jalan sperma sampai ke sel telur. Namun tidak dapat meningkatkan kegairahan pasutri.
Semoga bermanfaat, dan sehat selalu.  
  • Melancarkan Pencernaan
Dalam 100 gram anggur terdapat 1-2 gram serat yang sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Jadi apabila memiliki kesusahan buang air besar, bisa diobati dengan makan anggur.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Antooksidan bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dan radikal bebas. Dari situlah maka akan bisa menangkat bakteri dan penyakit.
  • Menurunkan Tekanan Darah
Potasium dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah.
Namun selain khasiat, juga memiliki kandungan potasium atau kalium yang sangat tinggi sekitar 225 mg/100g anggur, sehingga sangat beresiko menyebabkan masalah bagi yang memiliki penyakit ginjal.
Akan lebih baik bila mengkonsumsinya setiap hari 10-15 butir anggur. Namun apabila memiliki riwayat diabetes maka perlu diperhatikan/dikurangi sebab di dalam anggur terkadandung glukosa yang tinggi.
Bagi yang ingin memilih anggur sebaiknya pilihlah yang segar dan berwarna, serta ikut dimakan bersama kulit, serta bijinya.
Sumber : Ayo Hidup Sehat Tv One, Anggur Sehat: Hijau, Merah, atau Hitam, pembawa acara; dr. Reinita Arlin, dr. Haekal Ansari, M. Blomed (AAM), dan bintang tamu: dr. Ida Gunawan M.S, SpGK.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu