Tanda-Tanda Pasti Orang Hamil

.
kementriankesehatan.com - Meski perut belum kelihatan mengebung, seorang bisa diketahui sedang isi atau hamil. Apa saja tanda-tanda pasti orang hamil? Kehadiran janin harus kita ketahui secepat mungkin, dengan begitu seorang ibu bisa mempersiapkan perkembangan, pertumbuhan gizi demi kesehatan calon buah hati. Pada umumnya seorang dinyatakan hamil sejak terjadi ovulsi. Yaitu ketika telur dari indung telur dilempar dari ovum, dan masuk ke tuba falopi atau saluran telur.
"tanda tanda hamil"
source : pexel
Namun hari ovulasi dihitung pada pertengahan haid saat sebelum hamil dengan haid yang akan datang. Mengapa tidak menggunakan waktu tepatnya ovulasi?
Hal ini agar memudahkan dokter dan calon ibu dalam menghitung, sekaligus terkesan kurang sopan bila dokter bertanya, "Kapan terakhir kali ibu berhubungan badan?" 
  • Tanda-Tanda Tidak Pasti Orang Hamil
Untuk mengetahui seseorang sedang isi bisa diketahui dengan berbagai keluhan diantaranya.
1. Terlambat Datang Bulan
Hal ini dialami oleh semua ibu hamil, sebab sel telur yang biasanya lebur saat menstruasi, sekarang dibuahi oleh janin hingga proses melahirkan tiba. Dalam kondisi ini, perut terdapat kumpulan sel yang akan tumbuh, dan berkembang membentuk bayi.
Namun tidak semua orang yang telat datang bulan itu tanda hamil, apabila datang mens setelah 3 minggu, berarti siklus mens orang tersebut tidak teratur. Biasanya karena stres atau kelelahan.
Untuk itu apabila anda mengalami tanda ini, untuk memastikan periksalah ke dokter atau gunakan alat pendeteksi kehamilan.
2. Payudara Berubah
Payudara orang yang hamil biasanya mengencang, lebih berisi dan kadang menjadi sangat sensitif, terasa sakit apabila disentuh, namun ada juga yang terasa gatal.  Sebab dalam kondisi hamil, kadar hormon meningkat.
Aerola atau daerha sekitar puting juga menjadi gelap. Hal ini sebabkan payudara sedang mempersiapkan ASI untuk calon buah hati.
Tips Mengatasinya.
-Gunakanlah bra yang elstis atau lebih besar dari yang biasanya dipake. Biasanya bra yang sering kita pakai sudah tidak muat.
3. Morining Sickness
Setelah tiga bulan masa kehamilan, penciuman seorang ibu hamil meningkat, dan mengakibatkan rasa mual apabila mencium bau yang tajam. Orang biasanya menyebutnya morning sickness sebab biasa terjadi di pagi hari. Meski begitu, gejala ini tidak selalu sama bagi setiap orang, Ada yang mengalaminya di malam hari, ada yang sebulan setelah pembuahan ada juga yang kurang dari satu bulan.
Meskipun hal ini umum dialami, namun adapula seorang ibu yang beruntung tidak mengalaminya.
Adapaula yang mengalaminya hampir setiap saat hingga menyebabkan lemas. Jika sudah sampai tahap ini kemungkinan calon ibu tersebut mengalami hperemesis gravidarum. Segeralah berkonsultasi pada dokter.
Walau begitu, tidak menjadi alasan seorang ibu tidak mau makan. Sebab janin membutuhkan nutrisi.
Tips Mengatasinya
-Hindari makanan berbau tajam seperti bawang, cabai, durian, dan sebagainya.
-Hindari makanan berlemak, dan berminyak.
-Jika muntah terus menerus disarankan banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi,
-Makanan dengan porsi kecil untuk menghindari rasa mual.
4. Mudah Lelah
Biasanya terjadi pada trisemester pertama, sebab hormon progesteron mengalami peningkatan, dan mengakibatkan mudah ngantuk atau kelelahan. Penyabab lain karena buah hati yang sedang tumbuh juga menguras banyak energi. Oleh sebab itu wajar bila seorang ibu hamil mudah lelah walaupun tak banyak melakukan aktivitas.
Tips Mengatasinya
-Kurangi aktivitas berat seperti mencuci pakaian, naik turun tangga, dan sebagainya.
-Tidurlah lebih cepat dari biasnaya, dan disarankan untuk tidru walaupun hnaya sebentar di siang hari.
-Konsumsilah makanan bergizi, dan banyak minum air putih.
5. Sering Pipis 
Biasanya terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Disebabkan rahim akan membesar dan menekan kantung kencing. Akibatnya sering ingin buang air kecil, hingga terkencing sendiri saat tertawa sebab tekanan yang cukup kuat pada bagian perut bawah. Namun jangan khawatir sebab pada trisemester kedua sudah mulai berkurang, walaupun muncul lagi pada trisemester 3 saat bayi sudah mulai membesar.
6. Ngidam
Seorang ibu hamil biasanya menginginkan makanan yang asam/makanan tertentu, hal ini dikarenakan ingin mengurangi atau menekan rasa mual akibat penciuman yang tajam. Atau sering disebut ngidam.
Namun adapula yang menginginkan suatu makanan tertentu selama berbulan-bulan, sehingga membuat sang suami kerpotan dan mau tidak mau haru dituruti. Tak ada penyebab ilmiah secara pasti, namun hal ini dimungkinkan karena kadar hormon tidak seimbang dan menyebabkan emosi sang ibu hamil tidak terkontrol.
Tips Mengatasinya
-Apabila mengidam makanan tertentu pada tengah malam, minumlah air putih. Atau berfikirlah kalau harus dituruti malam itu akan merepotkan suami yang telah lelah bekerja seharian.
-Apabila mengidam makanan tidak sehat berfikirlah bahwa hal itu tidak baik untuk kesehatan calon buah hati.
-Jangan lewatkan makan pagi. Sebab perut kosong menyebabkan Anda akan menginginkan banyak makanan, dan ingin makan apa saja pada siang hari.
7. Perdarahan
Biasanya tanda kehamilan ini terjadi 11-12 hari setelah pembuahan, muncul bercak kemerahan di vagina sebab benih telah tertanam janin. Dan biasanya berlangsung hingga dua hari.
8. Pusing atau Pingsan
Sorang ibu yang hamil biasanya mengalami pingsan di tempat ramai atau tiba-tiba pingsan. Untuk itu ddisarankan agar tidak berpergian jauh apalagi sendirian.
  • Tanda-Tanda Pasti Orang Hamil

"tanda tanda hamil"
source: pixabay
Selain keluhan yang menandakan seornag sedang isi, bisa iketahui dengan serangkaian tes.
1. Tes Urine
Tes urine atau test pack merupakan pilihan yang banyak digunakan oleh pasangan suami istri karena selain cara penggunaannya mudah, alatnya juga bisa dibeli di apotik. Biasanya harga bervariasim dab semakin mahal semakin akurat alat tersebut. Alatnya bervariasi aa yang berbentuk strip, mirip pena, batangan kecil dan sebaginya. Namun pada hakekatnya cara kerjanya sama, yaitu mengetahui ada tidaknya peningkatan hormon HCG. Apabila hamil hormon ini terdapat pada urine dan darah.
Sebaiknya gunakan alat inu sepuluh hari setelah hubungan sex terakhir. Minimal seminggu setelah hubungan badan. Sebab bila tidak, hasil biasanya kurang akurat. Karena hormon HCG baru meningkat seminggu setelah berhubungan badan.
Cara kerjanya dengan meneteskan urin ke test pack. urin yang bagus untuk tes adalah pagi hari saat bangun tidur, sebab belum tercemar makanan atau minuman.
2. Tes Darah
Cara kerjanya sama dengan tes urin, yaitu mengetahui apakah terjadi peningkatan hormon HCG. Perbedaaanya tes ini dilakukan di rumah sakit/klinik bersalin, dengan mengambil sampel darah. Tingkat keakuratannya juga sama dengan tes urine.
3. USG (Ultra Sonography)
Cara ini merupakan cara yang terbaik dibandingkan yang lainnya. Sebab dengan alat ini bisa mengetahui bagian dalam tubuh manusia. Berkonsltasilah dengan dokter kandungan. Dengan gambaran dari alat tersebut kita bisa mengetahui apakah terdapat embrio atau tidak. Kandungan berusia enam minggu akan mudah diketahui dengan alat ini. Dan dengan alat ini pula bisa dianalisa tentang perkiraan persalinan, usai kehamilan, panjang, dan berat badan janin.
Semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
Daftar Pustaka: 
1. Naviri, Tim. 2011. Buku Pintar Ibu Hamil 100 Tips untuk Ibu Hamil. Jakarta: Elex Media Komputindo.
2. Firtria Cakrawati S.Sos., MM. dr Suwigyno Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes. 2010. Panduan Super Lengkap Ibu Hamil. Jakarta: Penebar Plus. 
3. Diolah Nia

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu