Ampuh! Berbagai Obat Herbal Untuk Asam Urat

.
kementriankesehatan.com - Dalam tradisi kita, orang zaman dahulu menggunakan tumbuhan untuk obat berdasarkan pengalaman. Begitupun asam urat, ada berbagai macam obat herbal yang terbukti menyembuhkan asam urat, apa saja, dan bagaimana bila hal itu ditinjau dari segi ilmiah?
asam urat
CC: pexels
Baca Ya: Nyeri Sendi Bisa Jadi Asam Urat
1. Kumis Kucing
Tanaman ini terkenal sebagai penghancur batu saluran kencing sebab terdapat garam kalium yang berfungsi melarutkan batu ginjal. Rasanya manis dan agak pahit. Tanaman ini juga memiliki sifat diuretik yaitu membuang kelebihan asam urat. Serta sifat antibakteri karena kandungan sinensetinnya. Termasuk tanaman serbaguna, sebab seluruh bagiannya bisa dijadikan obat.
2. Sambiloto
Walaupun rasanya pahit, tanaman ini mengandung senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid, juga mengandung kalsium, kalium, dan natrium yang dibutuhkan tubuh. Salah satu kelebihan tanaman ini adalah antiradang, penghilang nyeri, hingga penawar racun.
3. Sidaguri
Tanaman ini rasanya manis, panas dan sedikit sejuk. Dan berguna sebagai antiradang, peluruh kencing, dan penghilang rasa sakit.
4. Daun Salam
Walaupun terkenal sebagai bumbu masak, tanaman ini memiliki khasiat pengobatan sebab mengandung asirin, tarin, dan flavonoid.
5. Meniran
Tanaman ini terkenal karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga memiliki manfaat lain di antaranya: membersihkan hati, antiradang, pereda demam, peluruh kencing, peluruh dahak, oeluruh haid, menjernihkan penglihatan, dan menambah nafsu makan. Pada Mei 2009, Panca Widyati dari UMS melakukan penelitian, ternyata kandungan ethanol dalam meniran 3,33g/kgBB memiliki potensi yang sama dengan allopurinol atau obat yang biasanya digunakan untuk penderita asam urat hiperurisemia (peningkatan kadar asam urat dalam tubuh) sebear 10mg/kgBB
6. Lidah Buaya
Lidah buaya yan cukup populer dijadikan tanaman hias dalam pot, memiliki bermanfaat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan membantu prises regenerasi sel.
Selain itu juga bergungsi mengatur gula darah, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap kanker, bahkan untuk nutrisi pendukung penderita HIV/AIDS.
7. Mengkudu
Dalam tanaman ini terdapat senyawa scopoletin yang berfungsi sebagai antiradang, dan antialergi. Bahkan lumayan ampuh terhdapat radang sendi.
8. Tempuyung
Dalam tanaman ini terkandung flavanoid, yang berfungsi sebagai penghambat terbentuknya asam urat.
9. Sirsak
Tanaman ini terkenak sebagai kantung asam yang bisa mengatasi asam urat. Mengkonsumsi rutin akan memperlancar sekresi asam urat melalui urin, hal ini menyebabkan kandungan asam urat dalam darah berkurang.
Tanaman herbal di atas bisa diminum dengan cara direbus terlebih dahulu. Namun akan lebih efektive apabila dijadikan obat penunjang, bukan obat utama. Untuk itu, beekonsultasilah dengan dokter terlebib dahulu.
Semoga bermanfaat dan sehat selalu.
Daftar Pustaka :
1. Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc. ; Hafid Algristian, S.Ked. 2011. Asam Urat. Jakarta: Penebar Plus.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu