Nyeri Sendi, Bisa Jadi Tanda Asam Urat

.
Apa Itu Asam Urat?
kementriankesehatan.com - Asam urat adalah sisa hasil metabolisme tubuh. Namun terjadi kesalahpahaman di masayarakat, bahwa penyakit yang menyerang semua sendi, seperti rasa pegal-pegal di betis, atau rasa tidak enak di jemari tangan semua disebut sebagai penyakit asam urat. Hal itu sudah terlanjur beredar di masyarakat, dan perlu diluruskan sebab tidak semua penyakit sendi adalah asam urat.
"asam urat"
CC: pxhere
Kesalahpahaman ini bisa merugikan si penderita, sebab apabila mengkonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai justru malah menjadi lebih parah, atau hanya mendapatkan efek samping dari obat.
Penyakit sendi akibat asam urat muncul disebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam darah yang melebihi ambang batas. Apabila menumpuk dalam sendi, akibatnya mengganggu/merusak struktur sendi. Lama-kelaman menjadi kristal urat, dan masuk ke organ tubuh, khususnya dalam sendi. Karena kristal ini merusak, maka dianggap sebagai benda asing oleh tubuh, dan menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh untuk memusnahkannya. Kemunculan inilah yang menyebabkan rasa nyeri, bengkak kemerahan.
Berapa kadar normal asam urat?
Umumnya laki-laki memiliki kadar asam urat dalam darah sebesar 7,0 mg/dL. Sedangkan perempuan memiliki kadar asam urat dalam darah sebesar 5,7 mg/dL.
Asam urat memiliki peranan penting dalam tubuh berupa antoksidan dan bermanfaat meregenerasi sel. Setiap kali peremajaan sel kita memerlukannya. Apabila kekurangan antioksidan maka banyak radikal bebas yang membunuh sel kita. Apabila hal itu terjadi kulit menjadi kusam, dan tidak sehat.
Asam urat tidak hanya di sendi, bisa juga tertimbun dalam ginjal, saluran kencing, jantung, telinga, bahkan kelopak mata. Apabila menumpuk di ginjal akan menyebabkan penyakit ginjal, dan berakibat gagal ginjal permanen. Dan hal inilah yang menyebabkan seseorang melakukan cuci ddarah sepanjang hidupnya.
Jenis Asam Urat
1. Asam urat akut, merupakan penyakit yang bersifat mendadak. Biasanya seorang yang sebelumnya sehat, lalu terekna serangan nyeri.
2. Asam urat kronis, adalah penyakit asam urat yang bersifat menahun. Biasanya penderita tidak merasakan keluhan apapun, dan karena telah merasa sembuh. Ia tidak waspada. Padahal dalam darahnya sebenarnya banyak terdapat asam urat sehingga apabila makan yang banyak mengandung purin seprti daging dan jeroan. Maka bisa kambuh menjadi akut.
"asam urat"
CC : wikimediacommonds
Gejala Terkena Asam Urat
-Merasakan nyeri seperti terbakar, bengkak kemerahan, hangat dan terasa kaku pada sendi secara tiba-tiba, dan biasanya terjadi di ibu jari kaki. Rasa nyeri bida tak tertahankan diakibatkan kristal dalam sendi menggerakan sendi, sehingga otot terasa sobek. Dan yang kedua karena radang yang terjadi pada jaringan sekitarnya, gesekan tipis dari selimut bisa menyebabkan nyeri luar biasa.
Sendi lain yang biasanya diserang adalah mata kaki, tumit,lutut, pergelangan tangan, siku, jemari dan tulang belakang.
-Demam. Hal ini terjadi karena radang (bengkak, warna kemerahan, dan nyeri) yang terjai pada tubuh. Sel-sel kekebalan tubuh kita, sedang melawan kristal.
Selain tanda-tanda tersebut ada beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis apakah seorang terkena asam urat.
1. Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik, meliputi gejala yang dialami penderita. Misalnya apakah seorang mengalami rasa nyeri yang tiba-tiba, dan lokasinya spesifik. Rasa nyeri bisa datang pada tengah malam atau dini hari.
Apakah rasa nyeri tersbut menyebabkan bengkak? Biasanya disertai bengkak merah, nyeri, dan sulit digerakan. Namun bukan akibat kecelakaan, terbentur atau terkilir.
2. Pemeriksaan Laboratoris.
Biasanya dilakukan cek darah untuk mengetahui kadar asam, cek bisa dilakukan rutin tiap enam bulan.
Semoga bermanfaat dan sehat selalu.
Daftar Pustaka :
1. Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc. ; Hafid Algristian, S.Ked. 2011. Asam Urat. Jakarta: Penebar Plus.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli