Memahami Diet, Cara Alami Menurunkan Berat Badan

.
Apa itu diet
kementriankesehatan.com - Diet adalah suatu cara alami menurunkan berat badan, melangsingkan badan yang biasanya dilakukan dengan mengatur pola makan. Diet juga merupakan salah satu pola hidup sehat yang terbaik bagi seorang obesitas, yang hobi olahraga maupun tidak.
"cara alami menurunkan berat badan"
CC : publicdomainpictures
Ada banyak sekali macam diet yang berkembang, ada diet yang lebih mementingkan mengkonsumsi buah dan sayur, ada yang lebih mementingkan daging, hingga ada juga yang boleh memakan kedua-duanya, atau yang lain yang terdengar aneh bagi orang awam, dan dianggap semakin aneh semakin manjur.
Metode mana yang terbaik tentu sesuai dengan kondisi orang tersebut. bagi yang tidak suka/enek makan buah dan sayur lebih baik menggunakan metode diet konsumsi daging. sedangkan bagi yang mual atau alergi daging/ikan sebaiknya menggunakan diet buah dan sayur.
Sehingga bagi yang ingin memulai melakukan diet, ada baiknya untuk memilih salah satunya. Pastikan pilihan itu memang sesuai dengan tubuh Anda. Kuncinya cocok.
Jangan asal ikut-ikutan diet karena tren. Sebab bila tidak cocok tubuh akan sakit-sakitan.
Macam-macam diet.
"cara alami menurunkan berat badan"
CC : pixabay
1. Diet Detoks.
Diet detoks adalah metode diet yang menggunakan pola makan buah dan sayur yang telah di jus saja sehingga sering disebut dengan diet vegertarian, dan menerapkan metode yang ketat. Pada tahap selanjutnya bisa hanya dengan minum air minaeral saja loh.
Diet dengan cara ini menggunakan prinsip detoksifikasi atau membuang/menetralkan toksin/zat yang tidak diperlukan tubuh. Pada tahap awal dilakukan selama 3 hari, kemudian lanjut 7 hari hingga 40 hari bagi yang sudah terbiasa.
Lebih jelasnya sila baca:
1. Diet Detok, Diet Buah dan Sayur
2. Diet Detok yang Sehat dan Benar
2. Diet Atkins
Adalah metode diet yang menerapkan pola makan tinggi protein dan tinggi lemak, serta rendah karbohidrat. Sama dengan detok, metode ini juga membatasi konsumsi nasi, dan termasuk ketat. Metode ini sangat terkenal di Amerika, dan banyak digunakan oleh artis holywood. Dan merupakan metode yang tidak bikin lapar sebab membolehkan makan daging sepuasnya. Walau begitu, metode ini berbeda dengan diet macan, karena masih diperbolehkan makan karbohidrat.
Lebih jelasnya sila baca:
1. Diet Atkins, Boleh Makan Daging Sepuasnya.
2. Begini Cara Melakukan Diet Atkins Yang Sehat dan Benar.
3. Diet Zone
Adalah metode diet yang menerapkan pola makan protein, karbohidrat, dan lemak dengan porsi dan waktu yang tepat. Metode ini menerapkan makanan dengan gizi seimbang. Namun kurang diminati karena aturan makan yang rumit.
4. Diet Sugar Buster
Adalah metode diet yang menerapkan pola makan membatasi gula dan karbohidrat olahan. Biasanya hanya makan biji-bijian.
5. Diet Ornish
Adalah metode diet yang menerapkan pola makan tinggi protein dan sangat rendah lemak.
6. Diet Weight Watcher 
Adalah metode diet yang menerapkan pola makan gizi seimbang dengan catatan mengontrol jumlah kalori.
7. Diet South Beach
Adalah diet yang menerapkan polamakan tinggi protein, rendah lemak, beberapa biji-bijian utuh, dan makanan rendah glikemik.
8. Diet Cabbage Soup
Diet yang menerapkan pola makan soup kol sepuasnya, dengan membatasi makan lain.
Dari kedelapan macam diet, barangkali ada yang cocok dengan kita. Cobalah mempraktekan salah satu terlebih dahulu.
Mitos Diet
Beberapa orang yang akan, sedang atau telah melakukan diet menganggap bahwa semakin kurus semain berhasil diet tersebut.
Diet memang bisa menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram. Namun perlu diingat, kita juga memiliki patokan berat badan ideal sebagai tanda bahwa kita memiliki gizi yang cukup. Terlalu kurus juga akan menyebabkan seseorang mengalami gizi buruk, dan rentan terserang penyakit.
Lebih jelasnya sila baca:
1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Kurus, dan Obesitas
Intinya sih, diet berhasil apabila penurunan berat badan dibarengi dengan kondisi sehat. Jadi bila selesai diet malah jadi sakit-sakitan, maka diet dianggap gagal. Penyebabnya bisa bermacam-macam, caranya salah, atau tidak cocok.
Kesalahan Diet
"cara alami menurunkan berat badan"
CC : pixabay
Terkadang seorang yang ingin diet melakukan berbagai kesalahan yang tidak disadarinya, alhasil berat badan turun tidak maksimal atau malah gagal, bukannya turun malah naik. Apa saja yang kesalahan yang biasanya dilakukan bagi para penggiat diet pemula.
1. Tidak Sarapan
Jika tidak sarapan secara otomatis tubuh anda memerlukan banyak makanan sepanjang hari. Sarapan bermanfaat memulihkan energi yang hilang saat tidur. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sarapan cenderung bisa mempertahankan berat badan dan mencegah obesitas.
2. Tergoda.
Apabila memang sedang diet, jangan mencoba walaupun sedikit makanan yang dilarang, misal saja tidak boleh makan nasi. Karena biasanya bila mencoba sedikit, hari ini besok sedikit dihitung-hitung secara kalori bisa banyak.
3. Sering Menimbang
Ingat. Diet yang sehat tidak instan, butuh waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Jadi misalnya hari ini mulai melakukan diet, besok sudah menimbang sudah turun belum. Bahkan adapula yang menimbang sehari berkali-kali, pagi-siang-malam. Bukannya tidak boleh, hanya tidak tepat. Ditakutkan hal itu malah membuat kita jadi frustasi karena berat badan tak kunjung turun padahal baru dua hari diet misalnya. Sehingga kita malah frustasi dan akhirnya tidak melanjutkan diet.
4. Target Tidak Masuk Akal
Anda ingin menurunkan berat badan 10 KG dalam 1 minggu. Pada saat satu minggu, ternyata berat badan anda cuma turun 2 KG. Alhasil anda menyerah. Diet yang sehat memiliki penurunan berat badan yang bertahap.
5. Makan di Malam Hari
Penelitian menunjukan bahwa mereka yang makan banyak di malam hari mengalami kenaikan berat badan yang awalnya hanya sementara menjadi permanen.
6. Kurang Minum Air Putih
Jangan hanya makanan saja yang diperhatikan, air putih sangat berguna untuk mencegah dehidrasi, dan pusing saat diet. Selain itu juga berfungsi mencegah sesering makan dalam jumlah besar. Cobalah minum air putih sebelum makan. Faktanya minum banyak air putih tidak membuat seseorang menjadi obesitas.
Bahaya Diet
Perlu diingat bahwa diet juga bisa menyebabkan kita anemia atau biasa disebut kekurangan darah. Ada baiknya untuk mewaspadai tanda-tandanya sebelum melakukan diet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Daftar Pustaka:
Ide, Pangkalan. 2007. Seri Diet Korektif; Diet Atkins. Jakarta; Elex Media Komputindo.
Diolah ; Tim KK Tanggal 02-11-2018 

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu