Diabetes Tipe 1, 2, dan Kehamilan

.
kementriankesehatan.com - Ada bermacam-macam jenis penyakit kencing manis, yaitu diabetes tipe 1, 2, kehamilan, dan lainnya. Setiap jenis memiliki penyebab, pengobatan, dan pencegahan diabetes yang tidak sama. Apa, dan bagaimana?
"diabetes tipe 1, 2 dan kehamilan"
source: pixabay
1. Diabetes Tipe 1
adalah penyakit kencing manis yang disebabkan pankreas tidak bisa memproduksi insulin sebagai pembantu peredaran glukosa. Hal ini berdampak glukosa menumpuk dalam darah. Diabetes jenis ini disebut juga insulin-dependent diabetes sebeb penderitanya sangat ketergantungan pada insulin. Pasien biasanya disuntik setiap hari untuk memenuhi kebutuhkan insulin.
Yang membahayakan adalah gejala yang timbul secara tiab-tiba, dan menyerang anak, atau remaja, dan kadang menyebabkan koma, hingga kemtian apabila tidak segera diberi suntikan insulin.
Penyebabnya
-Infeksi
Kebanyakan penderitanya yang masih anak-anak, diawali dengan infeksi akibat pilek.
Seringnya menyerang usia muda, namun beberapa kasus juga dialami oleh orang dewasa.
-Melemahnya sistem kekebalan tubuh
Hal ini berakibat pada rusaknya sel pankreas.
-Keturunan
-Kurang gizi/malnutrisi.
Pencegahan
Ada dua jenis pencegahan, yaitu primer, dan sekunder.
Pencegahan primer, adalah mencegah sebelum seseorang terkena diabetes tipe 1. Bisa dengan menjaga pola makan, rutin olahraga dan sebaginya.
Sedangkan pencegahan skunder, adalah pencegahan agar tidak terjadi komplikasi. Sehingga apabila seseorang telah melakukan konsultasi ke dokter, dan menjalani serangkain tes lalu dinyatakan positif. Segera dilakukan pengobatan.
2. Diabetes Tipe 2
Adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh pankreas masih bisa memproduksi insulin, namun tidak maksimal, atau karena sel-sel jaringan tubuh dan otot sudah resisten terjadap insulin. Akibatnya glukosa tertimbun dalam peredaran darah. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kencing manis yang paling sering dijumpai pada usia di atas 40 tahun. Penderitanya bisanya tidak perlu tambahan insulin, namun memerlukan obat untuk memperbaiki fungsi insulin, menurunkan glukosa, dan memperbaiki pengolahan gula dalam hati.
Penyebabnya
-Keturunan
Jika dari orangtua entah ibu atau ayah, kemungkinan besar memiliki potensi terkena kemudian hari. Sebab 50% pasien diabetes tipe 2 mempunyai orangtua yang menderita kencing manis.
-Obesitas
Banyak penderita diabetes tipe ini adalah orang yang memeiliki berat badan berlebih. Sebab memiliki banyak lemak yang mengakibatkan resisten terhadap kerja insulin.
Pencegahan
Untuk menghindari diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan menurunkan berat badan bagi yang berlebihan, diet rendah kalori dan kaya akan serat, dan tentu rajin berolahraga. Sedangkan untuk mengetahui apakah kita termasuk obesitas, ideal, atau kurus, bisa menggunakan metode BMI.
3. Diabetes pada Kehamilan
Adalah diabetes yang muncul hanya pada saat hamil atau gestational diabetes, sebab pembentukan hormon pada ibu hamil nenyebabkan resistensi insulin. Dan biasanya baru diketahui saat usai kehamilan 4 bulan ke atas. Untuk itu harus rajin kontrol gula darah, agar tidak terjadi komplikasi, untuk ibu maupun janin. Namun kemungkinannya hanya terjadi 2-5 persen. Dan pada trisemester 3, biasanya kadar glukosa kembali normal.
Yang perlu diwasapadai adalah ketika setelah hamil, biasanya sang ibu memiliki kemungkinan besar terkena diabetes tipe 2 dikemuidan hari.
4. Diabetes yang Lain
Adalah diabetes yang disebabkan oleh penyakit lain, seperti radang pankreas, gangguan kelenjar adrenal, penggunaan hormon kortikosteroid, pemakaian obat antihipertensi, dan anti koleterol, serta malnutrisi atau kurnag gizi.
Demkian, semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
Daftar Pusataka:
Tandra, Hans. 2007. Segala Sesuatu yang harus Anda ketahui tentang DIABETES Panduan Lengkap Mengenal dan Mengatasi Diabetes dengan Cepat dan Mudah. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu