Diabetes Pada Ibu Hamil

.
kementriankesehatan.com - Dahulu, penderita diebetes tidak dianjurkan hamil karena ditakutkan akan terjadi komplikasi pada ibu dan anak. Namun seiring perkembangan medis, penderita diabetes diperbolehkan hamil, bila memang ingin.
"Diabetes Pada Ibu Hamil"
CC : pixabay.com
Baca Ya:
Jenis Diebetes Hamil
1. Sudah Mengidap Diabetes
Yaitu seorang yang sudah menderita kencing manis sebelum hamil.
2. Saat Hamil
Yaitu seorang yang menderita diabetes pada saat hamil, biasanya terjadi pada trisemester kedua, yang disebut diabetes gestasi.
Dampaknya Terhadap Bayi
Glukosa daraah yang tinggi bisa berdampak membahayakn bayi dalam kandungan, ibu hamil diharuskan berkonsultasi dengan dokter, sering kontrol untuk menghindari komplikasi.
Organ tubuh buah hati sedang terbentung pada 8 minggu kehamilan, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak. Akibat glukosa tinggi bisa berdampak bayi cacat. Apabila sudah lebih dari 3 bulan kehamilan, bisa berdampak kelahiran prematur, atau kematian bayi dalam kandungan. Dan apabila glukosa tida terkontrol, mengakibatkan, bayi besar, paru-paru bayi tidak sempurna, hingga hipoglikemia pada buah hati. 
Berikut dampak penderita diabetes pada ibu hamil terhadap bayi.
-RDS (Respiratory Distress Syndorom
Yaitu paru-paru bayi belum berkembang sempurna, yang biasanya disebabkan kelahiran prematur. Hal ini dapat menyebabkan kejang. Namun bisa diatasi dengan suntikan kalsium.
-Magnesium Rendah
-Sel Darah Meningkat
-Kuning
Banyaknya pemecahan sel darah menyebabkan bayi menjadi kuning.
-Susah BAB
Biasanya disebabkan adanya penyumbatan.
Kontrol Diabetes
Salah satu dampak yang terjadi pada ibu hamil dan janin adalah keguguran. Itulah sebabnya haru sering mengontrol kadar glukosa.
Hal ini juga bertujuan menghindari bayi lahir prematur, dan cacat.
Pola hidup sehat juga harus diperketat. Makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh, obat-obatan apa yang bertentangan, dan seterusnya.
Akan lebih baik apabil sebelum hamil, sudah melakukan tes apakah terkena diabetes atau tidak. Namun bila sudah terlanjur hamil sebaiknya dilakukan kontrol secara teratur pada
1. Trisemester 1
Disarankan kontrol sebulan sekali, karena pada fase ini janin sedang membentuk organ, sehingga kadar glukosa harus dalam batas normal. Apakah suntikan insulin harus dikurangi agar tidak terasa mual, dan muntah?
2. Trisemester 2
Biasanya dilakukan pemeriksaaan USG untuk mengetahui berat badan janin, dan lain sebaginya . Dalam fase ini glukosa darah meningkat, dan suntikan insulin perlu ditingkakan. Disarankan juga berkonsultasi ke dokter mata, sebab glukosa darah tinggi, dan hormon plasenta juga bisa merusak pembulh darah pada mata.
3. Trisemester 3
Pada fase ini, dokter akan mengecek apakah terjadi komplikasi dengan memeriksa tekanan darah tinggi, kaki bengkak, dan gangguan pada ginjal. Pemeriksaan USG juga boleh dilakukan ulang untuk mengecek kesehatan janin. Apabila ada kelainan, dokter biasanya akan menganjurkan persalinan dipercepat demi keselamatan ibu, dan bayi.
Mengontrol berat badan ideal juga diperlukan bagi ibu hamil. Apabila BMI normal 20-25 kenaikan normalnya sekitar 11,5-16 KG. Apabila pada awalnya sang ibu gemuk, atau BMI 26-29 kenaikan normal sekitar 7-11,5 KG. Apabila obesitas kenikan berat badan tidak boleh lebih dari 6 KG.
Baca Ya :
Apabila ingin mengontrol gula darah di rumah bisa dilakukan dengan alat stick yang dijual di apotek. Namun hal ini tidak disarankan menggantikan kontrol ke dokter. Dua pertiga penderita diabetes saat hamil akan kembali terkena di kehamilan berikutnya. Sedangkan setengah dari penderitanya akan menjadi diabetes tipe 2 sekitar 5-10 tahun. Untuk itulah perlu menjaga pola hidup sehat, dan bersih.
Semoga bermanfaat, dan sehat selalu.
Daftar Pusataka:
Tandra, Hans. 2007. Segala Sesuatu yang harus Anda ketahui tentang DIABETES Panduan Lengkap Mengenal dan Mengatasi Diabetes dengan Cepat dan Mudah. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli