Diet Detok yang Sehat, dan Benar

.
  • Diet Detok yang Sehat dan Benar
kementriankesehatan.com - Sebelum menjelaskan lebih mendalam tentang bagaimana cara melakukan diet detok yang sehat dan benar. Adabaiknya kita pahami dahulu apa itu diet detok?
Diet detok yang sehat dan benar adalah memberikan tubuh nutrisi yang cukup, tepat sehingga memberikan keleluasaan tubuh membuang toksin/zat berbahaya yang mengendap dalam tubuh. Liver dan usus besar memegang peranan penting dalam proses ini.
"Diet Detok yang Sehat, dan Benar"
Pada tahap awal, mulailah melakukan diet detok dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Jauhi makanan tinggi pati seperti nasi, gula, tepung, makanan tinggi asam seperti daging, dan makanan olahan lain seperti kue, biskuit.
Pada tahap awal, proses pengeluaran racun dalam tubuh atau detoksifikasi, biasanya berjalan cukup lamban, apalagi bila racun yang terdapat dalam tubuh sudah mengendap cukup lama.
Namun diet detok yang sehat dan benar memang tidak instan, dan hasilnya tahan lama.
  • Juice Fasting
Metode ini seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa kita hanya makan buah dan sayur yang di jus saja. Sebab saat menjadi jus, tubuh lebih mudah mencerna.
Program ini biasanya dilakukan selama 3-40 hari tergantung kondisi kesehatan seseorang.
  • Sebelum diet
Agar tubuh mudah beradaptasi, sebaiknya satu minggu sebelum memulai diet detok kita mematuhi peraturan ini:
1. Mengurangi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seoerti gorengan, santan, susu ternak/sapi, dan makanan olahan.
2. Mengurangi garam.
3. Mengurangi kafein, alkohol, dan obat-obatan yang tidak perlu.
Dan di sarankan sudah memulai makan-makanan buah dan sayur organik.
Pola makan diet detok ini berguna untuk mengurangi reaksi tidak nyaman pada saat awal program diet.
  • Saat Diet
Kita harus banyak minum air putih selain minum tujuh sampai delapan gelas jus sehari. Misal hari ini hanya minum jus mangga, besok jus pepaya, dan seterusnya.
  • Aturan minum biasanya dilakukan pada :
1. Bangun tidur.
Minum satu gelas air putih disertai setengah perasaan jeruk lemon.
2. Mulai jam 7 pagi minum jus buah setiap dua jam sekali, hingga 5 gelas. Sedangkan berikutnya 2 gelas sayuran. Jadi totalnya 7 gelas.
3. Di saat selesai minum satu gelas jus minumlah air putih.
Buah-buahan yang di sarankan berupa semangka, nanas, apel, pepaya, mangga, jeruk nipis, atau lemon. Sedangkan sayuran bisa brokoli, kol, kembang kol, atau lainnya.
  • Catatan
1. Saat minum jus tidak boleh terburu-buru sebab dapat mengakibatkan beberapa proses yang harus dilalui oleh tubuh terlewatkan, dan akhirnya makanan yang tidak melui banyak proses akan membusuk sebelum waktunya.
2. Jus yang diminum harus jus yang baru dibuat, tidak boleh hasil kemarin yang disimpan dikulkas. Sebab walaupuan hanya 20 menit berlalu kandungan nutrisi pada jus akan menurun,
  • Tips Diet Detok
1. Buah dan sayur direndam terlebih dahulu dengan larutan cuka apel atau larutan pencuci buah yang bisa dibeli di minimarket. Jangan mencuci dengan sabun sebab mengandung deterjen.
2. Kunyahlah jus buah dan sayur tersebut. Sebab jus bukanlah minuman melainkan makanan. Mengunyah juga merangsang keluarnya enzim. Apabila jus diminum terlalu cepat, atau seperti minum air mineral maka akan menyebabkan kembung, sebab beberapa proses pencernaan terlewati.
3. Khusus jus tomat jangan dicampur dengan sayuran lainnya. Sebab tomat termasuk buah.
4. Buah dan sayur yang dijadikan jus harus mentah, dan segar serta organik, tidak boleh dimasak terlebih dahulu sebab hal itu mengurangi kandungan nutrisinya.
Untuk lebih jelasnya sila konsultasi dengan dokter ahli, atau kunjungi klinik terdekat. Demkian. Semoga bermanfaat, dan semoga sehat selalu.
Daftar pustaka : Gunawan W. Andang. 2014. Diet Detoks Cara Ampuh Menguras Racun Tubuh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Diolah : Tim KK tanggal 26-11-2018

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli