Apa itu Obesitas, Berbahayakah?

.
kementriankesehatan.com - Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki gizi, dan lemak berlebih. Obesitas biasanya disebabkan oleh pola makan, dan kurangnya olahraga.
"bahaya obesitas"
Pada zaman dahuulu, anggapan orang zaman dahulu gemuk/obesitas adalah tanda kemakmuran. Secara tidak langsung memberikan kesan bahwa orang tersebut memiliki cukup uang untuk makan, dan tentu makanan tinggi protein. Bukankah kebanyakan kalangan ekonomi atas demikian?
Seiring perkembangan zaman, berkembangnya dunia medis, anggapan itu berubah, kegemukan menjadi pertanda awal dari penyakit kolesterol, diabetes dan hipertensi. Sehingga harus diwaspadai. Dan itulah pentingnya mengecek berat badan kita.
Untuk mengetahui apakah kita obesitas atau tidak sila baca Cara Menghitung Berat Badan Kita Ideal, Kurus, atau Obesitas.
Tahukah Anda bahwa sekitar 300.000 orang meninggal dunia setiap tahun akibat kondisi kegemukan. Obesitas berada di peringkat kedua sebagai penyebab kematian, dibawah perokok.
  • Penyebab Obesitas
Kebanyakan seorang mengalami obesitas dikarenakan oleh kebiasaan.
1. Pola Makan Tidak Seimbang
Seringkali kita pergi ke warung makan, menanyakan/memilih makanan yang enak. Tidak salah namun pertanyaannya apakah makanan itu tinggi lemak, kolesterol, dalam hal ini sehat?
Sepiring nasi dan sepiring mie mungkin sama-sama membuat kita kenyang. Namun makanah yang lebih diperlukan oleh tubuh?
Padahal apapun yang masuk dalam tubuh, akan dicoba dicerna, dan apabila tidak berfungsi sebagai nutrisi akan dianggap sebagai racun.
Mulut kita tidak peduli tentang sehat atau tidaknya yang penting enaknya. Sedangkan tubuh kita hanya mencoba mencernanya, entah itu lemak, atau bahan-bahan berhaya lain.
Maknanan seperti mentega, kue, dan biskuit juga menyebab kita obesitas karena memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Apalagi jika kita biasa ngemil.
2. Kurang Olahraga
Aktivitas sehari-hari khususnya di abad sekarang banyak menghabiskan waktu di kantor dengan AC tanpa terkena matahari. Hanya duduk dari pagi sampai sore bahkan malam di depan komputer. Akhir pekan dihabiskan dengan malas-malasan sebagai pelampiasan atas hari-hari sebelumnya.
Untuk naik ke lantai dua atau seterusnya kita tidak lagi menggunakan tangga namun dengan eskalator atau lift.
Perkembangan zaman memang menyebabakan sebagian besar aktifitas menjadi lebih ringan, dan efisien. Namun di sisi lain menyebabkan kita kurang gerak yang mengakibatkan tidak adanya pembakaran kalori dalam tubuh. Kurangnya olahraga juga mengakibatkan tidak dapat membangun metabolisme lemak. Padahal olahraga sangat penting, karena mengeluarkan keringat yang di dalamnya terdapat zat-zat yang berbahaya dan tidak diperlukan tubuh semisal nikotin.
  • Bahaya Obesitas
Pada mulanya seorang obesitas nampak sehat-sehat saja seperti halnya seorang perokok. Ia baru terkena jantung koroner setelah bertahun-tahun. Seorang yang terkena diabetes misalnya bukan karena kemarin makan gula banyak. Namun karena telah banyak makan manis selama bertahun-tahun. Dari gambaran ini kita sudah tahu bahwa semua sebenarnya akibat ulah kita sendiri. Kita baru percaya apabila sudah terjadi.
Pada dasarnya banyak penyakit yang bersumber dari obesitas, penyakit satu dan penyakit lain kadangkala berhubungan.
1. Kolesterol
Di dalam tubuh orang yang obesitas terdapat banyak lemak terutama lemak visceral, lemak yang dimetabolisme oleh hati, atau lemak yang tidak terlihat dan mengelilingi organ vital. Lemak tersebut kemudian diubah menjadi kolesterol.
2. Jantung dan Darah Tinggi
Kolesterol kemudian menyebar dalam darah yang dapat menumpuk di arteri dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
3. Diabetes
Lemak viscarel dipercaya memproduksi lebih banyak hormon dan protein sehingga mempengaruhi kadar glukosa dan hal ini menyebabkan munculnya penyakit diabetes tipe 2.
Daftar pustaka:
1. Teguh, Sutanto. 2013. Cara Cepat dan Sehat Turunkan Berat Badan. Yogyakarta: Buku Pintar.

Komentar

Trending

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Pengertian Keperawatan Terbaru Menurut Para Ahli