Batuk Tak Kunjung Sembuh, Ciri Terkena TBC

.
kementriankesehatan.com - Sebenarnya karena ketidakahuan ciri seorang terkena tbc, penanganan pengobatan menajdi lambat, dan alhasil kebanyakan mereka yang berobat tbc di puskesmas, termasuk saya adalah mereka yang gejalanya telah parah, atau hingga batuk darah. Batuk, bagi sebagian, mungkin sebagian besar orang adalah penyakit yang kecil. Namun apabila terjadi terus menerus, dan tak kunjung sembuh hingga 2 minggu atau lebih, itu salah satu ciri terkena tbc.
"ciri-ciri batuk tbc"
source: pixabay
1. Batuk Lebih dari 2 Minggu
Umumnya seorang batuk tidak lebih dari duaminggu berturut-turut. Apalagi jika orang tersebut bukan perkokok. Batuk seperti ini biasanya disebabkan oleh pola makan, seperti banyak makan gorengan. Sehingga tubuh bereaksi terhadap minyak yang berlebihan dengan cara batuk agar minyak tersebut keluar. Atau karena terlalu banyak makan es. Tapi bila batuk lebih dari dua minggu berturut-turut apalagi sampai sebulan, patut dicurigai barangkali bukan tenggorokan kita yang bermasalah, barangkali paru-parunya.
2. Batuk Berdahak, dan berwarna
Biasanya orang yang terinfeksi tbc hanya batuk kering biasa, lama kelamaan muncul dahak, yang semakin lama berwarna hijau atau kekuningan. Warna dahak menjadi pertanda bahwa terdapat bakteri di dalamnya. Untuk itulah jika sebelumnya telah batuk lebih dari dua minggu ditambah terdapat dahak berwarna, sebaiknya memeriksa diri ke puskesmas.
3. Lapar Batuk
Bakteri tbc menyerang sistem kekebalan tubuh. Dan sistem kekebalan tubuh tersusun oleh sel darah putih. Dan sel darah putih diciptakan dari gizi yang diolah dari apa yang kita makan. Apabila kita lapar, maka sistem kekebalan tubuh otomatis melemah. Dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh mengakibatkan bakteri tbc akan leluasa menggerogoti paru-paru kita yang mengakibatkan reaksi alami berupa batuk sebagai pertanda adanya benda asing berupa bakteri tersebut.
4. Aktive di Malam Hari
Saat malam hari, atau bahkan saat tidur, dari cerita penderitanya biasanya terbangun karena batuk. Seharusnya orang yang tertidur itu dalam kondisi tenang. Namun karena tidak adanya nutrisi yang masuk saat tidur menyebabkan bakteri leluasa menyerang paru-paru yag mengakitkan batuk. Jika memang di siang hari tidak terlalu batuk namun di malam hari sangat aktive batuk, patut dicurigai itu penyakit tbc.
5. Diobati Tidak Sembuh-Sembuh
Kebanyakan penderita tbc yang mengalami batuk telah minum berbagai macam obat batuk, bahkan sampai tiga botol obat batuk. Namun tak sembuh-sembuh, malah jadi semakin parah. Ibarat kena diare. Kita minum obat maag. Jika memang telah menghabiskan dua botol obat batuk cair namun tidak sembuh. Sebaiknya dicek sebelum...
6. Berdarah
Salah satu ciri utama seorang terkena tbc, batuknya mengelaurkan darah. Setelah bakteri tersebut menggerogoti paru-paru perlahan-lahan maka akan menimbulkan luka yang menyebabkan keluarnya darah. Sehingga setiap batuk, darah itu akan ikut keluar bersama dengan bakterinya.
Sangat disayangkan karena kebanyakan orang baru cek setelah berdarah, padahal bila memiliki lima tanda, atau tiga tanda dari ciri-ciri sebelumnya seharunya segera cek ke puskesmas agar pengobatannya lebih maksimal, dan kemungkinan tertolongnya lebih besar.
Selain tanda-tanda batuk di atas, ada beberapa akibatyang timbulkan diantaranya.
1. Suara berubah
Orang yang lemah lembut sekalipun, jika sering batuk, dan terkena tbc. Bisanya dari pengalaman penderita, suaranya akan berubah; terdengar besar, seperti penyanyi underground. Biasanya si pendeirta tidak sadar. Hanya orang-orang dekat yang tahu. Jadi jika sebelumnya telah mengalami enam tanda-tanda batuk tbc, dan teman mengalami ini, sebaiknya segera cek ke puskesmas. Coba ingat, apakah ada orang dekat yang mengatakan, "kok suaramu berubah jadi besar sih?" di saat sedang batuk.
2. Berat badan menurun
Akibat batuk yang berkepanjangan, yang menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita diserang menyebabkan, menurunnya berat badan secara drastis hingga puluhan kilo dalam waktu beberapa bulan.
3. Ada yang mengganjal
Menurut seroang penderita tbc, tenggorokan terasa ada yang mengganjal, seperti ada sebutir pasir, yang menyebabkan batuk terus-menerus. Hal ini bisa disebabkan karena adanya bakteri.
Nah jika mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya cek sebelum terlambat di puskesmas. Apabila telah melakukan tes ronsen, dan dahak dinyatakan positive, salah satu atau kedua-duanya. Selanjutnya akan diberikan oat (Obat Anti TBC) secara gratis, dan harus diminum paling sedikit 6 bulan berturut-turut, beberapa puskesmas memberikan tambahan berupa susu, bila kita punya riwayat asam lambung juga, atau takut akan kesehatan ginjal akan diberi obat lain. Semuanya gratis.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu