Yang Dibutuhkan Penderita TBC

.
kementriankesehatan.com - Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, keluhan-keluhan yang dialami penderita TB, seperti saya memerlukan beberapa kebutuhan yang bagi saya harus ada untuk menjaga kebersihan, dan mencegah penularan terhadap orang lain terutama orang rumah/keluarga. Berikut hal-hal yang dibutuhkan bagi penderita TBC.
"Yang Dibutuhkan Penderita TBC"
source: pixabay
 1.Tissue
Sebagian besar penderita TB mengeluh batuk, disertai dahak berwarna, kadang-kadang bercampur darah. Karena kita tidak boleh meludah sembarangan, takut menulari orang lain. Maka diperlukan persediaan tissu untuk meludah. Bukan hanya sebagai tempat meludah, namun tissu sangat berguna bilamana si penderita bersin, jadi air liur tidak berhamburan dan bertahan lama di dalam ruangan, yang takutnya dihirup oleh orang rumah/orang lain.
Saya menggunakan tissue ukuran besar dengan isi 700 gram karena murah yang bisa di beli di minimarket. Dan tissue-tissue yang telah digunakan tadi biasanya saya masukan ke dalam kantung kresek baru kemudian dibuang setelah penuh.
2. Masker
Penyakit Tb yang bisa menular lewat air liur, yang kadang keluar lewat berbicara, menyebabkan penderita TB harus menggunakan masker di rumah/atau diluar rumah terutama bila mengobrol dengan orang rumah. Hal itu dilakukan untuk melindungi orang lain. Bahkan petugas kesehatan yang merawat saya menyarankan untuk tidak hanya penderita TB yang memakai masker tapi orang rumah juga.
Saya selalu memakai masker di dalam rumah, ke toilet, atau ke ruang mananpun, apalagi ke luar rumah, seperti ke puskesmas mengambil obat, kecuali tentu saja bila makan, minum, dan tidur. Saya dulu menggunakan masker isi lima di minimarket, namun kemudian karena kebutuhan yang tinggi, dan terlihat boros. Saya membeli masker isi 50 di apotek. Bahannya halus, dan bagi saya nyaman dipakai.
3. Perlatan makan dan minum khusus.
Walaupun sebagain masih memperdebatan ini, namun saya tetap melakukannya, untuk jaga-jaga karena siapa tahu piring atau sendok yang digunakan tidak bersih, seperti cara mencucinya yang tidak menggunakan air yang mengalir, yang menyebabkan bakteri tb di sendok/piring tersebut masih menempel. 
Semenjak terkena TBC, piring, gelas, dan sendok dipisah. Punya saya di wadah A dan punya keluarga yang tidak terkena TB di wadah B agar tidak tertukar. Agak miris memang, namun lama-lama sudah terbiasa, dan itu toh demi kesehatan orang lain.
4. Pengawas obat
Ini sangat penting, kadang-kadang sebagai manusia, juga bisa lupa, atau bahkan ketiduran, seorang pengawas obat sangat dibutuhkan untuk mengingatkan penderita agar minum obat tepat waktu. Pengawas obat siapa saja, orangtua, kekasih, atau saudara atau bahkan teman baik. Hal itu guna mencegah lupa minum obat. Karena satu hari saja tidak meminum obat, atau lupa meminum obat, pengobatan bisa semakin lama karena diulangi dari tahap awal. 
Waktu itu, yang menjadi pengawas obat saya adalah ibu, dan ayah, kadang-kadang mereka bertanya, sudah minum obat. Atau besok minum obat. Atau kadang mengecek berapa tablet obatnya.
5. Support
Hal ini menurut saya sangat penting, karena biasanya seorang akan syok saat mengetahui dirinya terkena TB, dan berfikir tidak akan bisa disembuhkan, atau umurnya tinggal sedikit lagi. Sayapun merasa demikian. Padahal tidak tentu, bersykurlah karena pada abad ini sudah ada obat anti TBC yang disediakan gratis dipuskesmas dan terbukti banyak orang yang sudah sembuh. Karana itulah, ia perlu dukungan agar bersemangat menjelani proses pengobatan tersebut, entah dari pihak keluarga, teman, atau orang lain, atau sesama anggota tb. Penyakit TB bisa disembuhkan. Bagi yang sedang dalam pengobatan, tetap semangat! Dan bagi yang sudah sembuh, semoga selalu diberi kesehatan. Aamiin.
Demikian. Semoga bermanfaat.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu