Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

.
kementriankesehatan.com - Saat menjadi penderita tbc, berat badan saya turun drastis menjadi 51,8 KG, namun setelah minum susu secara rutin, makan makanan tinggi protein, istirahat yang cukup, dan berbagai cara menaikan dan menambah berat badan yang sederhana dan murah, berat badan saya naik 4 Kg pada 2 bulan pengobatan.

Awalnya saya ragu, bagaimana mungkin bisa menaikan berat badan walau hanya 1 KG, saat bakteri tbc menggerogoti paru-paru kanan saya. Sedangkan, saat tidak terkena tbc, bahkan sejak kecil, seingat saya dan kata orang saya tidak pernah gemuk. Mustahil, pikir saya.

Walaupun sejak kecil saya kurus, hal yang agak membuat saya curiga adalah pada 1 bulan ketika saya terkena batuk yang tak kunjung sembuh. Kerabat kantor mengatakan kalau tiap hari, saya bertambah kurus. Sebenarnya makan gak?

Saya merasa memang sejak dulu sudah seperti ini. Namun lama kelamaan, rekan kerja yang lain juga mengatakan kalau saya cungkring, dan berat badan semakin turun. Ha itu hampir mereka katakan setiap minggu. Mungkin secara sekilas, dengan melihat bentuk tubuh, bisa tahu apakah berat badannya naik atau turun.

Alhasil saya mencoba melihat bentuk tubuh saya di cermin, ternyata kelihatan tulang rusuknya, lalu pergelangan tangan rasanya keras, seperti tulang dan kulit saja. Pipi saya juga pipih, tidak tembem. Hal lain yang mungkin mudah dinilai adalah bentuk wajah saya karena kurus jadi kotak, dan agak segitiga.

Ya, saya mencoba berbagai cara, seperti makan-makanan tinggi protein, makan 3 hingga 4 kali seminggu dan seterusnya. Namun segala upaya tersebut tidak mampu menambah berat badan saya. Sampai akhirnya saya didiagnosa tbc, dan mulai minum obat berwarna merah sebesar kacang kulit. Dan dokter memberikan harapan, bahwa kalau saya rajin minum obat tersebut ditambah makan-makanan tinggi protein, dan istirahat yang cukup, berat badan kamu pasti naik.
"cara menaikan berat badan penderita tbc"
Berbeda dengan beberapa orang yang sampai membeli suplemen, atau obat untuk menambah berat badan, saya hanya menjaga pola makan, dan istirahat. Berikut cara menaikan atau menambah berat badan bagi penderita tbc:
 1. Rajin minum susu
"cara menaikan berat badan penderita tbc"
Dulu saat masih pengobatan terutama 2 bulan awal saya bisa minum susu hingga 5 kali. Pertama, pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum minum obat minum susu dahulu. Kedua, setelah sarapan sekitar pukul 9-11. Ketiga setelah makan siang. Keempat setelah makan malam. Kelima, sebelum tidur.
Karena tidak mendapatkan susu gratis dari pemerintah, saya mengkonsumsi susu dancow bubuk. Dalam 1 gelasnya mengandung 6 gram protein. Protein tersebut sangat diperlukan oleh penderita tbc, untuk membantu penyembuhan sebab berfungsi menghasilkan antibodi/sel kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. 

Jadi apabila 5 gelas sehari, maka kita mendapatkan protein sekitar 6x5 = 30 gram. Apakah cukup. Tergantung usia, dan jenis kelamin si penderita. AKG (Angka Kebutuhan Gizi) protein dalam seharinya, berdasarkan peraturan menteri kesehatan anatara lain:

Laki-laki dewasa = 62-65 gram perhari
Wanita = 56 gram perhari.

Jadi apabila si penderita seorang wanita dewasa, masih kurang 26 gram protein lagi, jika hanya mendapatkan protein pada susu. Apalagi bila tidak minum susu?

2. Makan-makanan tinggi protein
"cara menaikan berat badan penderita tbc"
Karena sistem kekebalan tubuh sedang melemah, dan saran dari petugas puskesmas, saya makan-makanan tinggi protein. Tiap hari saya makan ayam, ayam, sampai bosan, kalau tidak ikan-ikan, atau ayam, ikan dst.

Kalau toh tidak ada, atau lagi tanggal tua, biasanya saya hanya makan telur, dan biasanya sekali makan saya langsung dua. Yang dimakan putih-putihnya saja, seringnya telor ceplok atau rebus. Sebab saran dari dokter juga mengkonsumsi telur minimal 2 butir perhari.

Kuning-kuning telur tidak saya makan, karena katanya tidak bagus. Saya lebih ke jenis manusia yang tidak doyan kuning telurnya. Jadi saya makan bisa tiga sampai empat kali. Kalau saya tidak nafsu makan, tapi kalau memang sudah waktunya makan, saya paksa makan, hingga mau muntah.

Kalau cara ini tidak sanggup lagi, saya makan sedikit sedikit tapi sampai empat atau lima kali. Kalau sudah tidak nafsu makan keterlaluan, biasanya saya dibuatkan minuman temulawak. Dan itu lumayan efektive. Mau tidak mau saya harus makan, walaupun tidak nafsu makan karena ingin agar tbc cepat sembuh.

Menyinggung kebutuhan protein harian untuk wanita dewasa sebesar 56 gram, dan mengkonsumsi susu 5 kali sehari baru mendapatkan 30 gram. Bagaimana dengan telur. Dalam 1 butir telur mengandung 6,29 gram protein, hampir sama kan dengan susu? Nah apabila seorang penderita tbc makan 3x sehari dengan menu sama berupa sebutir telur. Maka ia, mendapatkan 18 gram protein. Bila dijumlah dengan susu sebesar 48 gram. Masih kurang 8 gram.

Oleh sebab itulah saya mengkonsumsi telur hingga 4-6 butir perhari, kalau memang sedang adanya telur.

3. Makan pisang
"cara menaikan berat badan penderita tbc"
Salah satu buah yang rajin saya makan setiap hari adalah pisang. Pisang kaya akan protein hingga 1 gram, dan tinggi karbohidrat sebesar 30 gram. Itulah sebabnya, di beberapa negara pisang menjadi makanan pokok.

Setiap hari, saya bisa mengkonsumsi 3-5 buah pisang, biasanya saya setelah minum susu makan pisang. Selain dapat karbohidrat dari nasi, saya juga mendapatkan karbohidrat dari pisang, dan tambahan protein walau tidak seberapa. Sebab saya bukan tipe orang yang bisa makan nasi banyak. Makan pisang membantu saya memenuhi angka kebutuhan gizi karbohidrat harian.

4. Istirahat yang cukup
Dulu saya memang bisa dibilang hampir setiap hari bedagang sampai pukul enam atau tujuh pagi, dan hanya tidur satu jam sebelum berangkat kerja. Setelah terkena penyakit ini, saya rajin tidur, pada pukul sembilan saya sudah di tempat tidur. Jadi bisa bangun pagi untuk minum obat, dan siangnya saya tidur lagi, barangkali karena efek obat, dan kondisi tubuh yang lemah.

Dokterpun menyarankan untuk banyak istirahat. Ya, tubuh memang waktu itu sedang drop. Mudah cape, dan ngos-ngosan, serta tulang pada ngilu.

Apabila sering begadang, dan kurang istirahat, maka regenerasi sel atau jaringan tubuh jadi tidak maksimal. Begadang juga menguras energi yang kita simpan. Sebab pada dasarnya tubuh tidak berhenti bekerja.

Karena itu berat badan saya yang hanya 51,8KG waktu itu bertambah empat kilo di bulan ke dua, menjadi 55,8KG. Saat mau menimbang saat mengambil obat, saya baru teringat menimbang jadi kembali lagi ke ruangan. Sebenarnya agak khawatir, apalagi dokter juga penasaran dengan ikut masuk. Ternyata naik. Yeaah!


Rasanya senang sekali, dan dokterpun senang, sebab pengobatan berhasil, dan itu tandanya si paseien itu nurut atau patuh.

Ingat ya! Salah satu tanda pengobatan berhasil atau sembuh TBC, berat badan naik. Cara di atas bisa dibilang cara lama, dan sudah banyak orang yang tahu, tinggal bagaiamna orang tersebut mau rajin melakukannya atau tidak, karena sebenarnya kuncinya ada pada kedisiplinan.

Demikian pengalaman pribadi saya saat terkena tbc, dan berhasil menaikan berat badan hingga 4 Kg dalam 2 bulan. Di bulan ke 4 pengobatan saya sempat menimbang, dan berat badan tetap, sebab minum susu dikurangi hanya 2 x sehari, dan malah suka makan mie tiap malam, serta makan tidak teratur. 

Saat sembuh saya kembali ke pola makan tidak teratur, dan tidak pernah minum susu sehingga turun lagi jadi 51 Kg, namun setelah menerapkan cara di atas. Naik kembali hingga 54 Kg. Dalam 1 bulan. 

Semoga bermanfaat, dan cepat sembuh ya gaes :)

Komentar

  1. luar biasa pengalaman pribadi nya- moga menjadi inspirasi penderita yg lain agar bisa sehat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, semoga yg lain jg cepat sehat, dan bisa beraktifitas normal lagi.

      Hapus
  2. Terima kasih kak informasi pengalamannya, insyaAllah saya bisa ikutin, dan mudah2an saya bisa sembuh dari penyakit ini dan BB saya bertambah☺☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya Mba Riana, awalnya emang barat. Tapi nanti kalau sudah sembuh. Badan pelan-pelan akan kembali normal lagi seperti dulu.

      Hapus
  3. Trmksih kk pengalaman ya, sangat membantu sekali apalagi sy jg kena tbc br 2 bln pengobatan dan BB turun trs

    BalasHapus
  4. Trimkaasih bng sangt brmanfaat

    BalasHapus
  5. Bukannya klo minum susu itu malah menetralkan fungsi obatnya? Waktu konsultasi dg dokter paru mmg di perbolehkan konsumsi susu dg jarak dekat dg obatnya? Hanya bertanya ya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENAR mas/mba, namun selama 2 bulan karena tidak tahu jadinya minum susu hanya dijeda beberapa menit, setelah itu, karena sudah tahu jadi di bulan berikutnya saya beri jarak 1-2 jam sblm minum obat. Hal tersebut sudah pernah saya bahas di sini

      https://www.kementriankesehatan.com/2019/02/tbc-boleh-minum-susu.html

      Minum susu dijeda karena menghambat kinerja obat. Wlo begitu, alhamdulillah 2 bulannya negatif, di tes dahak ke 2 dan ke-3 di bulan ke 6 juga negatif, sampai sekarang sudah 2 tahun lbh masih sehat bahkan BB stabil dan naik. Sudah tidak nyeri, sesak nafas, batuk dll, utk lembur yg mengharuskan begadang masih kuat, dan jadi tdk mudah sakit. Kuncinya sih, jaga pola makan sehatnya, terutama sarapan.
      Jadi memang benar kita harus jaga jarak antara MINUM SUSU & MINUM OBAT.

      Hapus
  6. Kak, usia saya 16 thn saya udah berobat 4 bulan tapi BB saya tetep 26 kg padahal waktu saya sehat BB saya 40 kg
    Baru batuk saya tak kunjung sembuh dahak makin banyak dan sering muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyakin minum susu, tp jangan yg cair (kaleng) krn krn proteinya kecil. Bs dancow dancow sehari 3x, dibarengi makan yg teratur (dikit2 porsinya biar masuk tp banyak) Kuncinya harus teratur / disiplin. Cb lakuin 1-2 bulan BB biasanya naik klo minum obatnya juga teratur. Moga cepet sembuh ya dek.

      Hapus
  7. ka...saya baru seminggu ini baru didiagnosis Kena TBC..yg ingin saya tanyakan susu Dancow yg Kaka minum apa susu Dancow buat yg dewasa..dan klo boleh saya minta foto gambar nya

    BalasHapus
  8. Susu dancow fortigo bisa buat untuk anak2 hingga dewasa. Yg penting susu yg bubuk krn proteinya 6 gr, klo yg cair itu cm 1 gr per gelasnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar :)

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Susu Penderita Tbc Untuk Menaikan Berat Badan