Agar Tbc Cepat Sekali Sembuh (Pengalaman)

.
Beberapa tindakan agar tbc cepat sekali sembuh adalah disiplin minum obat, berjemur, minum teh hangat, makan tinggi protein, dan istirahat cukup. Sehingga di bulan kedua, bisa dinyatakan negatif.

Maka berat badannya mulai naik, batuk, demam tinggi reda, tidak mudah kelelahan, dan kemudian bisa beraktifitas normal kembali. Hal pertama yang perlu dilakukan agar pasien bisa cepat sembuh dari tuberculosis adalah
agar tbc cepat sembuh

1. Disiplin Minum Obat

Seperti yang kita tahu, bahwa seorang penderita TBC harus minum obat secara rutin pada dua bulan pertama. Tidak ada alasan, jika kita sedang di luar kota, kerja, ketiduran, atau kelupaan.

Biasanya saya minum pada pukul delapan, atau sembilan, namun kadang-kadang bila kesiangan bisa pada pukul sepuluh atau 12 siang. Intinya tidak masalah kalaupun telat minum OAT 2-5 jam selama masih di hari yang sama.

Walaiupun keefektifannya berbeda, dan mungkin jam segitu manfaat yang diperoleh dari oat tersebut sudah mulai berkurang sehingga badan agak lemah, seperti ngilu di punggung.

Sebulan kemudian, walaupun badan sudah membaik, saya tetap saja minum obat. Karena dengan pengobatan yang tuntas, penyakit ini bisa sembuh total. Tidak kumatan, setahun atau dua tahun kemudian.

Biasanya saya membuat alaram, untuk mengingatkan, dan mecatatnya pada selembar kertas.

2. Sering Berjemur

Berjemur di bawah sinar mentari merupakan obat alami penyakit TBC. Dengan berjemur, bakteri-bakteri TBC yang berada di luar tubuh kita lebih cepat mati. Saya rutin berjemur pada pukul sembilan-setengah sepuluh pagi atau lebih, setelah badan berkeringat. Punggung juga dijemur. Punggung yang ngilu biasanya juga sembuh.

Tapi saya rutin melakukannya di tiap pagi. Dan biasanya bila saya malas/kesiangan, hidung saya mampet karena tida berjemur, atau saya bersin-bersin. Tapi kalau sudah berjemur, entah kenapa hal itu hilang, atau minimal berkurang.

3. Teh Hangat

Dengan adanya lendir/dahak di dalam paru-paru kita, maka akan menghambat kinerja paru-paru, dan untuk itu kita harus mengeluarkan lendir-lendir itu. Salah satu caranya adalah dengan minum teh hangat. Biasanya setelah minum obat, saya minum teh hangat, dan tak lama kemduian terasa tenggorokan mengganjal, dan ketika batuk, lendir itu keluar.

4. Makan-Makanan Bergizi

Bakteri TBC menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga memerlukan asupan protein tinggi untuk membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun.

5. Tidak Makan Makanan Berminyak

Makanan yang mengandung minyak biasanya tinggi lemak jenuh, dan kebanyakan menyebabkan batuk berkepanjangan yang menyiksa pasein. Solusinya mengurangi pemakaian minyak sawit, atau menggantinya dengan yang 0 kolesterol. Namun mahal.

6. Istirahat Yang Cukup

Penderita TBC haru menjaga tubuh mereka tetap bugar agar cepat sehat dan sistem kekebalan tubuh kita tidak melemah. Dulu saya bisa dibilang tidak pernah tidur sebelum pukul enam atau tujuh dan hanya tidur selam satu jam. Namun sekarang, terutama di awal, pada pukul sembilan saya sudah di tempat tidur, dan pada pukul sepuluh biasanya saya sudah terlelap. Sehingga bisa bangun pagi, untuk melakukan aktivitas lain semisal minum obat.

Hal di atas memang sudah biasa bagi pasien, tak ada cara lain yang bisa membantu pasien agar cepat sembuh total tanpa kambuh lagi kecuali oat, dan melakukan rutinitas berulang yang saya sebutkan di atas. Sekarang sudah 2 tahun lebih dan alhamdulillah tidak pernah kumat.
 
Semoga Bermanfaat!.

Komentar

Trending

Penderita TBC Boleh Minum Es? (Pengalaman Pribadi)

Bolehkah Penderita TBC Makan Mie? (Pengalaman Pribadi)

Contoh Menu Makanan untuk Penderita Tbc Sampai Sembuh

Cara Menaikan Berat Badan 4 Kg Bagi Penderita Tbc (Pengalaman Pribadi)

Susu Beruang Bagus Untuk Penderita Tbc (Pengalaman)

Penderita Tbc Boleh Minum Susu Sebelum atau Setelah Minum Obat? (Pengalaman Pribadi)

Penderita Tbc Jangan Mandi Air Dingin Dulu